Thesis
Published
استراتيجية تسويق الشبكي الإسلامي في ارتقاء حجم المبيعات (دراسة حالة في حانوت حلال "عين الشمس" فرع كديري العام ٢٠١٧-٢٠١٨ م)
Abstract
Halal Mart Einusyams adalah salah satu bussiness center cabang 2 dari perusahaan
PT. HNI HPAI yang merupakan perusahaan herbal terbesar di Indonesia. Salah satu tujuan
dari perusahaan ini adalah menjadi produsen produk herbal yang berdaya saing tinggi
dan produknya diminati konsumen. Untuk menggapai tujuan itu, maka diperlukan sebuah
strategi yang bagus dalam pemasaran sehingga dapat meningkatkan penjualan perusahaan
serta bersaing dengan pesaing, baik dari dalam maupun luar negeri dan meningkatkan
volume penjualan. Di tengah maraknya strategi pemasaran yang tidak islami, perusahaan
ini mencoba untuk berdakwah dengan menggunakan produk herbal sekaligus strategi
pemasaran yang islami. Strategi pemasaran yang islami dapat ditinjau dari nilai-nilai
islam yang terdapat dalam bahan baku, proses kemasan, proses pengolahan, pembiayaan
dan sistem pembagian upah kerja bagi para karyawan. Dalam pemasarannya perusahaan
ini memakai strategi multilevel marketing syari’ah, yaitu sebuah strategi dengan bentuk
bertingkat-tingkat yang memberikan bonus berdasarkan pada prestasi hasil kerja nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem multilevel marketing syari’ah dan
untuk mengetahui bagaimana strategi multilevel marketing syari’ah dalam meningkatkan
volume penjualan di perusahaan Halal Mart Einusyams Bussines Center 2 cabang Kediri
selama masa penelitian tahun 2017-2018.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Dengan ini penulis mencoba untuk mengumpulkan data-data primer maupun
sekunder. Dalam pengumpulan data-data tentang perusahaan yang diteliti, penulis
menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Setelah itu data-data yang
telah terkumpul akan dianalisis dengan teknik model interaktif. Analisis data berlangsung
secara bersama-sama dengan proses pengumpulan data. Pada awalnya peneliti akan mulai
dengan mereduksi data kemudian menyajikan data dilanjutkan dengan memverifikasi
dan menyimpulkan data guna mendapatkan jawaban akhir dari rumusan masalah yang
dikemukakan oleh peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi multilevel marketing syari’ah
dalam meningkatkan volume penjualan yang diterapkan oleh perusahaan Halal Mart
Einusyams cabang Kediri sesuai dengan strategi multilevel marketing syari’ah yang telah
ditetapkan oleh Dewan Pengawas Syari’ah Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dan
ketentuan akad ju ’ alah yang ada dalam islam. Dengan menggunakan strategi multilevel
marketing syari’ah ini, dapat memberikan konstribusi dalam meningkatkan volume
penjualan dan meningkatkan kualitas pemasaran perusahaan. Selain itu strategi ini juga
memperkuat kedudukan perusahaan di pasar bisnis, sehingga membantu perusahaan
dalam bersaing dengan perusahaan lain baik di dalam maupun diluar negri. Peneliti
juga menemukan dampak dalam penggunaan strategi pemasaran ini. Adapun dampak
yang ditemukan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dampak yang positif berupa
pengentasan pengangguran melalui pembangunan jaringan yang tidak mengenal batas
yang diiringi dengan pemberian upah yang sesuai dengan prestasi kerja nyata.
Berdasarkan hasil penelitian ini penulis berharap bahwasannya perusahaan
dapat lebih meningkatkan kualitas strategi pemasaran yang dimilikinya, sehingga dengan
meningkatnya kualitas strategi pemasaran dapat membantu dalam meningkatkan kualitas
perusahaan serta membantu Negara dalam mengurangi pengangguran.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Ekonomi Dan Manajemen
SubjectsH Social Sciences > HG Finance
Item ID773
Deposited05 Nov 2020 12:56