Thesis Published

تطبيق استراتيجية Index Card Match لترقية نتائج تعلّم النحو لدى طلاب الصف الثاني (د) بمعهد دار النجاح الإسلامي في جاكرتا الجنوبية العام الدراسي 2024-2025

Anggara, Rinto
Abstract
ABSTRAK PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR NAHWU SISWA KELAS 2D PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA TAHUN AJARAN 2024-2025 Rinto Anggara 432022121134 Pembelajaran Nahwu adalah pembelajaran yang memerlukan kemampuan dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran, terutama dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat dan menarik. Pada penelitian ini peneliti menemukan masalah yang ada di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, yakni rendahnya hasil belajar nahwu siswa kelas 2D, kurangnya perhatian siswa terhadap mata pelajaran nahwu, dan minimnya kreativitas guru dalam memilih strategi pembelajaran yang efektif. Standar kelulusan yang ditetapkan adalah 60, namun rata-rata nilai siswa kelas 2D saat ini adalah 54.9. Dari total 27 siswa, terdapat 18 siswa (66.67%) yang belum mencapai standar kelulusan, sementara hanya 9 siswa (33.33%) yang berhasil mencapainya. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui apakah penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas 2D pada mata pelajaran nahwu 2) Mengetahui apakah penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar nahwu siswa kelas 2D. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau "Classroom Action Research", model Kemmis and Taggart, yang dilaksanakan pada kelas 2D dengan jumlah 27 siswa. Penelitian ini terdiri dari empat langkah dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian menggunakan empat teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data peneliti menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bahwa penerapan strategi Index Card Match dalam pembelajaran nahwu dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada siklus pertama mencapai 74.66%, kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 85.93%. 2) bahwa penerapan strategi Index Card Match dalam pembelajaran nahwu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2D, pada siklus pertama tingkat kelulusan mencapai 77.77% dengan nilai rata-rata 6.96, kemudian pada siklus kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 8.96. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran sebagai berikut: 1) bagi siswa untuk meningkatkan partisipasi aktif dalam setiap sesi pembelajaran menggunakan strategi Index Card Match. 2) bagi guru agar dapat menggunakan strategi Index Card Match secara konsisten dalam proses pembelajaran nahwu. 3) bagi sekolah untuk menyediakan lebih banyak sumber daya pembelajaran yang mendukung penerapan strategi Index Card Match. 4) bagi peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian tentang efektivitas strategi Index Card Match dengan membandingkannya dengan strategi pembelajaran aktif lainnya. Kata Kunci: Index Card Match, Nahwu, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Bahasa Arab
KeywordsIndex Card Match, Nahwu, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas
Item ID7901
Deposited20 Nov 2025 06:52
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics