Thesis
Published
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SISWA KELAS 1 KMI (Penelitian Eksperiment di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum wadda’wah Condong)
Abstract
Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong merupakan salah satu
lembaga pendidikan Islam yang mengajarkan pembelajaran al-Qur’an. Pondok ini sangat
mengupayakan peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an para muridnya dengan
mengajarkan pelajaran al-Qur’an. Oleh karena itu, para pengajarnya sudah menerapkan
model pembelajaran khusus dalam proses belajar mengajar. Untuk itu, peneliti berusaha
untuk mencari apakah ada pengaruh dari model pembelajaran yang digunakan terhadap
kualitas bacaan al-Qur’an siswa. Model pembelajaran tersebut adalah Quantum Teaching
berlandaskan hasil penelitian lapangan di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah
Condong ini.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Seberapa besar pengaruh
penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kualitas bacaan al-Qur’an
siswa di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong?” Berdasarkan rumusan
masalah di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan:
Pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kualitas bacaan
al-Qur’an siswa di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong setelah
diujicobakan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperiment (true experiment design)
yang mana hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum
Teaching dan cara mengajar serta penggunaan metode yang tepat, berpengaruh secara
signifikan terhadap kemampuan siswa di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah
Condong dalam membaca al-Qur’an dengan baik (tartil). Dalam pengumpulan data,
peneliti menggunakan metode tes, dan dokumentasi. Dan untuk menganalisa data yang
dikumpulkan, peneliti menggunakan rumus independen sampel t-test.
Hasil terpenting dari penelitian ini adalah implementasi atau penerapan model
pembelajaran Quantum Teaching memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas
bacaan al-Qur’an siswa setelah proses uji coba, Hal ini terbukti berdasarkan kenaikan nilai
yang signifikan dari perbandingan selisih nilai posttest antara nilai kelas kontrol 79,7 dan
nilai eksperiment 87,76 . Oleh karena itu model pembelajaran Quantum Teaching ini dapat
dikatakan mampu memudahkan para guru dalam mengajar siswa dan membantu mencapai
tujuan pengajaran membaca al-qur’an yang diharapkan.
Dari penelitian ini, peneliti merekomendasikan: 1) Agar para pengajar al-Qur’an
memberikan perhatian lebih terhadap kualitas bacaan al-Qur’an. 2) Agar pengajar
mengembangkan proses pembelajaran al-qur’an melalui pemanfaatan model pembelajaran
yang tepat. 3) Agar pengajar memperbanyak pemberian latihan secara praktis khususnya
pada bacaan-bacaan yang sulit. Peneliti juga memberikan saran dengan harapan sebagai
berikut: 1) Agar adanya penelitian selanjutnya guna menyempurnakan kekurangan pada
hasil penelitian ini. 2) Agar pengajar al-Qur’an bisa mengembangkan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran yang cocok dengan keadaan siswa. 3) Agar peneliti
selanjutnya merujuk kepada penelitian lainnya dalam pengembangan model pembelajaran
seperti Quantum Teaching ini karena kebutuhan pelajar di setiap lembaga pendidikan
memiliki kebutuhan yang berbeda.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID838
Deposited07 Nov 2020 16:21