Ayu Rejekiningtyas, Dyah (2020) التوحيد ضوء يف كيجاوين تعليم يف جوسيت كاووال مانوجنجالينج اإلسالمي رسالة يف راجنجاوارسيتو جنابيهي رادين كيباتينان فكرة عن التحليلية (الدراسة جايت) هداية ويريد. D4 Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT
DYAH AYU FIKS .pdf Download (873kB) |
Abstract
Manunggaling Kawula Gusti merupakan ilmu tingkat tinggi orang Jawa untuk memperoleh derajat kesempurnaan. Dalam kejawen, Manunggaling Kawula Gusti merupakan sentral ajarannya. Namun, dalam sejarahnya, konsep tersebut tidak terlepas dari perdebatan. Dikatakan bahwa Manunggaling Kawula Gusti berasaskan kepada ajaran monistik dan panteistik. Salah satu ulama yang menyebarkan ajaran Manunggaling Kawula Gusti adalah Ranggawarsita, dan menulis serat terlengkap yang membahas tentang Manunggaling Kawula Gusti. Serat tersebut adalah serat Wirid Hidayat Jati. Ranggawarsita merupakan tokoh yang mewakili konsep yang dibesarkan oleh proses akulturasi dua tradisi besar, tradisi Islam dan tradisi kejawen. Maka, corak pemikiran Ranggawarsita dipengaruhi oleh dua tradisi tersebut. Hal ini menyebabkan tidak terwakilinya salah satu tradisi secara keseluruhan. Paham Manunggaling Kawula Gusti yang digagas oleh Ranggawarsita menunjukkan pandangan yang sinkretis dan akulturis. Yaitu pandangannya sebagai seorang Muslim dan seorang penganut kebatinan. Pembahasan ini bertujuan untuk mengungkap Manunggaling Kawula Gusti menurut Raden Ngabehi Ranggawarsita dalam serat Wirid Hidayat Jati, dan pandangan Tauhid Islam terhadap ajaran tersebut. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa beberapa literatur dan buku yang mengupas tentang Manunggaling Kawula Gusti menurut Raden Ngabehi Ranggawarsita dalam Serat Wirid Hidayat Jati, dan pandangan Tauhid Islam terhadapnya. Sedangkan, data sekunder berasal dari data yang mendukung data primer. Data-data tersebut didapatkan dengan metode deskriptif, yaitu mengumpulkan dan menelaah sumber- sumber data terkait yang ditindak lanjuti dengan metode analisis, dengan menganalisa dan mengkritik data-data tersebut, yang dikaji melalui pendekatan theologis dan pendekatan normatif. Yaitu pendekatan yang berupaya untuk memahami agama dengan menggunakan kerangka Ilmu Ketuhanan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti adalah Manunggaling Kawula Gusti menurut Ranggawarsita terdiri dari tiga tipe, yaitu tipe etis, tipe kosmologis dan tipe theologis. Ketiga tipe tersebut saling berkaitan, dan berkenaan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia, dan lingkungan. Konsep tersebut mengajarkan bahwa Tuhan jauh dengan manusia, tetapi asma dan sifat-Nya yang dekat dengan kita. Yang dimaksud dengan manunggal antara Tuhan dan hamba adalah manunggalnya cipta, rasa, dan karsa. Ranggawarsita tetap membedakan antara kawula dan Gusti dengan istilah ‘roro ning tunggal’. Tuhan mengatur alam, dan meresap ke dalam setiap bagian dari alam ini, dan alam merupakan tajalli Tuhan. Manunggaling Kawula Gusti tidak mungkin dipandang sebagai ajaran yang menyimpang dari tauhid, dan sebaliknya, ia merupakan bentuk ekspresi tauhid paling tinggi. Ajaran ini mengajarkan bahwasanya tidak ada wujud yang hakiki selain wujud-Nya. Adapun saran yang dapat diberikan oleh peneliti sesuai dengan penelitian ini adalah bahwasanya Manunggaling Kawula Gusti mengarah pada ajaran monistik dan panteistik. Ajaran ini sulit untuk dipahami, maka tidak seharusnya diajarkan kepada orang awam yang masih dangkal pengetahuannya tentang Tuhan. Hendaknya seorang Muslim memperkuat aqidahnya dan keimanan kepada Allah untuk menjaga diri dari paham-paham yang menyimpang dari agama. Dan dengan segala kekurangannya, peneliti berharap akan adanya kajian selanjutnya dalam masalah ini lebih baik dan lebih bermanfaat. Amin.
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor > Studi Agama Agama |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 08 Nov 2020 03:40 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 03:05 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/876 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |