Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تأثير المراجعة العامة في دوافع التعلم لطلاب السنة الأولى التكثيفية بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام للتربية الإسلامية الحديثة

bahri, saepul (2007) تأثير المراجعة العامة في دوافع التعلم لطلاب السنة الأولى التكثيفية بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام للتربية الإسلامية الحديثة. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] Text (cover)
1 cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24kB)
[img] Text (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (179kB)
[img] Text (daftar isi)
3 daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text (bab 1)
4 bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (297kB)
[img] Text (bab 2)
5 bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (978kB)
[img] Text (bab 3)
6 bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (483kB)
[img] Text (bab 4)
7 bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text (refrensi)
8 refrensi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (112kB)

Abstract

Ulangan umum merupakan salah satu alat pendidikan dan pengajaran yang diterapkan di KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Hal ini diharapkan dcngan adanya ulangan umum siswa termotivasi Lintuk belajar sehingga terciptalah lingkungan belajar yang kondusif, dan terjadi persaingan yang positif dalam peningkatan belajar. Ulangan ini dilaksanakan seperti ujian dimana ada panitia khusus yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan ulangan urnum tersebut dan nilai yang didapat siswa dipaparkan sehingga dapat dikethui oleh siswa, namun nilai yang diperoleh siswa tersebut tidak mcmpunyai pengaruh terhadap nilai mereka saat ujian pertengahan tahun dan akhir tahun. Untuk itu pcrlu diadakan penelitian tentang ada atau tidaknya pengaruh ulangan umum tcrsebut terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh ulangan umum terhadap motivasi belajar siswa kelas I lntensite KMI Pondok Modern Darussalam Gontor tahun ajaran 2006-2007. Dan sejauh mana pengaruh ulangan umum tersebut terhadap motivasi belajar mereka. Untuk mencapai tujuan tersebut. maka peneliti menggunakan metode dokumentar, dan metode angket untuk memperoleh data tentang ulangan umum dan motivasi belajar siswa kelas ( lntensife KM( Pondok Modem Darussalam Gontor Ponorogo. Data dipaparkan dengan metode deskriptif dan dianalisa secara statistik dengan rumus korelasi koefisien kontingensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas [ lntensife KM( Pondok Modem Darussalam Gontor Ponorogo tahun ajaran 2006-2007 yang berjurnlah 464 siswa. Sedangkan sample yang diam bi I 20 % dari populasi yang ada sehingga jumlahnya mencapai 93 siswa dengan menggunakan teknik stratified randum sampling. Hasil penelitian ini adalah: Salli, ada pengaruh ulangan umum yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas I lntensife KM[ Pondok Modem Darussalam Gontor tahun ajaran 2006-2007, kesimpulan ini berdasarkan pada hasil analisa korelasi koefisien kontingensi dengan taraf signifikan 5 % yaitu (0,195 < 0,3077). Dua, pengaruh ulangan umum terhadap motivasi belajar siswa kelas I lntensife KMI tahun ajaran 2006-2007 adalah rendah yaitu: 0,3077 berada pada (0,20-0,40). Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan kepada seluruh wali kelas agar memperhatikan belajar sisvvanya karena perhatian guru sangat dibutuhkan, bagi pembuat soal agar mcmperhatikan kemampuan siswa dan waktu yang disediakan dalam menjawab ulangan umum tersebut. dan bagi siswa kelas I Intensife agar bersungguh-sungguh dalam belajar dan berusaha untuk memahami pclajaran yang telah diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:57
Last Modified: 28 Aug 2023 03:57
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item