PERAN WALT KELAS DALAM MENANAMKAN KEMAMPUAN BERBAHASA SISWI KELAS SATU KULLIYATUL MU'ALLIMAT AL-ISLAMIYAH DI PO'S DOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS TIGA K1.11 tVGBANYU WIDODAREN NGAWI JAWA TIMUR INDONESIA TAHUN AJARAN: 1438 -1439 H

Ramadhani Sahabilla, Fitri (2018) PERAN WALT KELAS DALAM MENANAMKAN KEMAMPUAN BERBAHASA SISWI KELAS SATU KULLIYATUL MU'ALLIMAT AL-ISLAMIYAH DI PO'S DOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS TIGA K1.11 tVGBANYU WIDODAREN NGAWI JAWA TIMUR INDONESIA TAHUN AJARAN: 1438 -1439 H. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
watermak_Fitri Ramadhan Salsabila fiks.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada hakikatnya kesulcscsan santriwati dalam pembelajaran diGontor tidak hanya ditumpang dengan keccrdasan yang dimiliki, namun ada faktor lain yang sangat bcrpcngaruh akan hal tersebut, faktor itu adalah kemampuan bcrbahasa Arab. Kemampuan bcrbahasa Arab adalah kcmampuan yang dimiliki scscorang untuk memilikikemampuan bcrbahasa diantaranya: Kemampuan mendengar, kcmampuan berbicara, kemampuan mcmbaca, dan kemampuan menulis yang balk dan bcnar. Kcmampuan int tidak datang bcgitu saja, namun to mcmbutuhkan yang tcnss mencrus dalam pcnanamannya, balk dan lingkungan sckitar ataupun bcbcrapa orang yang bcperan dalam kchidupan santriwati. Salah satu pihak yang yang bcrtanggungjawab dan bcrperan penting dalam mcnanamkan kcmampuan bcrbahasa Arab di Pondok Modem Darussalam Gontor adalah wali kclas, karcna wall kclas adalah scbagai pcnvakilan Bapak Pimpinan dan Dircktur KMI di Pondok Modem Darussalam Gontor yang di ben tanggungjawab lebih atas penanaman kemampuan bahasa Arab, pengajaran, terlebih lagi siswi baru kclas 1 KM1 yang sangat dibutuhkan ditingkat kclas selanjutnya. Olch sebab itu, pecan dan usaha wall kclas I dalam menanamkan kcmampuan berbahasa sangatlah dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: I) Peran wali kelas dalam mcnanamkan kemampuan bcrbahasa untuk santriwati kelas 1 Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyyah di Pondok Modem Darussalam Gontor Putri Kampus 3,2) Faktor pendukung serta penghambat yang di tcmukan wall kolas dalam menanamkan kemampuan berbahasa dalam did santriwati kelas I. Pcnclitian ini merupakan pcnclitian lapangan yang bersifat Deskriptif Kualitatil tan& pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) Wawancara, 2) Observasi, dan 3) Dokumentasi. Dan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan cara Miles dan Huberman, yaitu: I) Redulcsi Data, 2) Pcnyajian Data, dan 3) Penarikan Kesimpulan dan Verivikasi Data. Dart Analisis yang dilakukan, pcncliti menyimpulkan bahwa: I) Peran wali kelas dalam mcnanamkan kemampuan berbahasa sangatlah penting, dan pecan terscbut adalah: a) Memotivasi dan mcngajari siswi agar mampu mcmiliki kemampuan berbahasa, b) Mcngajari Bahasa Arab dengan alat peraga dan mewajibkan siswi membawa kamus, c) Mcmbcri kosa kata bans, d) Memberikan Qudwah Hasanah, e) Membiasakan berbicara bahasa Arab dengan Makhonjul Huruf yang benar, t) Membetulkan tulisan siswi yang salah didepan pare siswi, g) Mcnulis dipapan tulis dengan qaidah yang benar, h) Mengawal untuk berparthipasi dalam mengikuti kcgiatan bahasa, i) Mcmperbanyak dalam mengorcicsi Tamrinat dan Insya serta sclalu mengajak berkomunikasi dengan bcrbahasa Arab. 2) Faktor pendukung wait kclas dalam mcnanamkan kcmampuan bcrbahasa adalah: a) Faktor pcndukung ada pada lingkungan sckitar, displin, kcgiatanyang ada di pondok dan pecan bagian bahasa dirayon, dan 3) Faktor pcnghambatwali kclas dalam menanamkan kcmampuan bcrbahasa adalah adalah kemauan, lingkungan yang negatif, dan kcpribadian yang dimiliki scorang anak. Berdasarkan hash pcnclitian ini, peneliti menyarankan kepada: I ). Para walikelas I agar dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya karcna wall kolas yang mengajar, membimbing dan mcngawasi pembelajaran siswi kclas I yang tcrmasuk di dalamnya penanaman kemampuan bcrbahasa 2) Penguins bahasa rayon untuk mcmperhatikan siswi kelas 1 dalam pengawalan disiplin bahasa, kcgiatan dan lingkungan sckitar, serta memotivasi dan menciptakan lingkungan berbahasa dalam kehidupan schari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 00:33
Last Modified: 04 Nov 2020 00:33
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item