Thesis
Published
الإستراتيجيات الحكومة علي القدرة التنافسية التصديرية للقهوة بين اندونيسيا و فيتينام في السوق الأوروبية سنة ٢٠١٢ – ٢٠١٩
Abstract
ABSTRAK
STRATEGI KEBIJAKAN EKPSOR KOPI INDONESIA DAN VIETNAM DI PASAR EROPA TAHUN 2012-2019
Choirinnisa Navisatus S
3720165181413
Kopi adalah salah satu komoditas unggulan dunia yang digunakan sebagai bahan makanan, minuman dan berbagai macam obat kesehatan. Dalam satu dekade ini kopi sudah menjadi bagiam dari gaya hidup masyarakat dunia, hingga kopi menjadi favorit di berbagai kalangan masyarakat. Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan dunia yang dibudidayakan lebih dari di-50 negara, diantaranya adalah Indonesia dan Vietnam. kedua negara ini merupakan produsen kopi dunia yang menyumbang lebih dari 1jt ton kopi /tahun untuk diekspor. Salah satu Pasar kopi potensial dan dinamis adalah pasar Eropa, yang merupakan negara dengan tingkat konsumsi kopi tertinggi dunia dan populer dengan budaya minum kopinya.
Penelitian ini ditujukan untuk: 1) mengetahui perkembangan ekspor kopi Indonesia dan Vietnam di Pasar Eropa Tahun 2012-2019, 2) menganalisa keunggulan kompetitif kopi untuk membentuk suatu daya saing ekspor kopi Indonesia dan Vietnam di Pasar Eropa tahun 2012-2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah studi Komparatif dengan Metode analisis Porter Diamond Theory dan Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat).
Hasil analisis dari komparasi daya saing ekspor kopi Indonesia dan Vietnam ke pasar Eropa menunjukkan bahwa, kedua negara memiliki keunggulan kompetitif pada produk kopi diatas rata-rata pasar kopi dunia. Hasil analisis dari Porter Diamond Theory menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan pada faktor keragaman kopi khas daerah Indonesia dengan daya saing tinggi dan faktor kondisi terkait sumber daya alam, sehingga Indonesia populer dengan sabuk kopi "The Coffee Belt". Kelemahan Indonesia terletak pada faktor kondisi terkait SDM, IPTEK serta ketersediaan infrastruktur. Adapun kopi Vietnam memiliki keunggulan pada faktor produksi yang melimpah dengan harga yang rendah dan keagresifan Vietnam dalam mencari pasar Internasional. Kelemahan Vietnam terletak pada faktor kondisi IPTEK, SDA dan SDM, Varietas kopi yang monotonic, ketersediaan infratsruktur dan banyak kesenjangan antar petani.
Kata Kunci: Kopi, Indonesia dan Vietnam, Daya Saing, Porter Diamond Theory, Analisis SWOT, Pasar Eropa
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Humaniora
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 320 - Ilmu politik > 327 Hubungan internasional
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 330 Ekonomi
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 337 Ekonomi internasional
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 338 Produksi
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 330 Ekonomi
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 337 Ekonomi internasional
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 338 Produksi
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Item ID2642
Deposited03 May 2023 03:44