Thesis
Published
STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN: STUDI KASUS DI KELAS TAHFIDZ SMP MA’ARIF 1 PONOROGO TAHUN AJARAN: 2018-2019
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab sempurna yang menjadi pedoman bagi umat manusia,
sehingga menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, dengan salah satu upayanya
adalah dengan menghafalnya. Menghafal Kalamullah yang jumlahnya begitu banyak
menurut akal sulit untuk dijalani apalagi bagi seseorang siswa. Maka dari itu, SMP Ma’arif
1 Ponorogo membuat strategi untuk memudahkan menghafal Al-Qur’an bagi siswa,
khususnya bagi siswa SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi menghafal
Al-Qur’an bagi siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, (2) Untuk mendeskripsikan faktor
pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa
di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif deskriptif untuk menganalisa data-data berupa kalimat atau kata. Pendekatan
yang digunakan adalah studi kasus, karena peneliti melihat langsung masalah yang
terdapat dalam lokasi dan memperhatikan keadaan yang diteliti. Teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data,
penyajian data, dan penyajian kesimpulan.
Hasil penelitain menunjukkan bahwa: (1) Strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa
yang diterapkan di SMP Ma’arif 1 Ponorogo adalah “strategi tidak beralih pada ayat
berikutnya sebelum ayat yang dihafal benar-benar hafal”, (2) Strategi menjaga hafalan
dalam menghafal Al-Qur’an bagi siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo yakni melakukan
muraja’ah 3 kali dalam sebulan, (3) Faktor pendukung jalannya pelaksanaan strategi
menghafal terbagi menjadi 2 faktor yakni faktor internal meliputi niat, kemauan dan
tekad, motivasi dari diri sendiri, dan eksternalnya meliputi guru, teman, keluarga, sanksi
dan fasilitas yang ada, (4) Faktor penghambat jalannya pelaksanaan strategi menghafal
dibagi menjadi 2 faktor yakni faktor internal meliputi kejenuhan guru, kejenuhan murid,
rasa bosan, kurangnya minat anak, keterlambatan guru, sedangkan eksternalnya meliputi
ayatnya panjang, kurangnya waktu dan masalah keluarga.
Hasil penelitian tentang strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
diharapkan masukan ini bisa dijadikan bahan refleksi diri untuk menjadikan SMP Ma’arif lebih baik
pada umumnya dan khususnya pada strategi yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an bagi siswa.
Adapun saran yang dianjurkan oleh peneliti yakni: (1) Supaya lembaga hendaknya agar berdisiplin
dalam menerapkan peraturan, agar tercipta murid yang patuh, (2) Supaya siswa hendaknya lebih
bisa menyadari bahwa menghafal Al-Qur’an adalah kebutuhannya, sehingga tidak merasa terbebani
dalam kegiatan yang diprogramkan untuk hafalan .
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID825
Deposited06 Nov 2020 16:42