Search for collections on UNIDA Gontor Repository

PENGARUH PEER COUNSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWI KELAS 6 KULLIYATUL-L-MUA'LIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK MODERN ARRISALAH PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023

Afizah, Amalia (2022) PENGARUH PEER COUNSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWI KELAS 6 KULLIYATUL-L-MUA'LIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK MODERN ARRISALAH PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (cover)
1 cover.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (252kB)
[img] FILE TEXT (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (246kB)
[img] FILE TEXT (halaman judul)
3 halaman judul.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT
4 bab 1.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] FILE TEXT
5 bab 2.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (306kB)
[img] FILE TEXT
6 bab 3.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (347kB)
[img] FILE TEXT
7 bab 4.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (389kB)
[img] FILE TEXT
8 bab 5.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (136kB)
[img] FILE TEXT
9 refrensi.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (483kB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswi, motivasi berpengaruh besar terhadap kualitas hasil belajar siswi. Dalam proses pembelajaran motivasi belajar kerap menurun dikarenakan masalah akademik dan non akademik. Masalah akademik adalah hal yang berkaitan dengan pembelajaran dalam kelas sedangkan non akademik meliputi permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Meningkatnya motivasi belajar salah satunya dipengaruhi oleh peer counseling. Peer counseling merupakan suatu aktivitas saling membantu, memberikan saran, motivasi atau dorongan dan peer counseling dipercaya mampu memperbaiki iklim sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan seberapa besar konseling sebaya antar siswi kelas 6, 2) mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswi kelas 6, 3) mengetahui adakah pengaruh dari peer counseling terhadap motivasi belajar siswi kelas 6 Pondok Modern Arrisalah Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Pengambilan sampel menggunakan teknik penelitian populasi yaitu berjumlah 53 siswi dari kelas 6 atau seluruh anggota kelas 6 Kulliyatul -l- Mua’limat al-Islamiyyah Pondok Modern Arrisalah Ponorogo. Pengambilan data penelitian menggunakan angket peer counseling dan motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta doukumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskrifptif, uji prasyarat yang teridiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, uji linearitas dan uji hipotesis menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata peer counseling siswi sebesar 57,57 dan nilai rata-rata motivasi belajar siswi sebesar 53,90. Ini artinya tingkat peer counseling dan motivasi belajar siswi tergolong tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif peer counseling terhadap motivasi belajar siswi kelas 6 Pondok Modern Arrisalah Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023. Hal ini berdasarkan nilai signifikasi untuk pengaruh peer counseling terhadap motivasi belajar adalah 0,020 lebih kecil dari probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, itu artinya peer counseling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti berharap kepada guru Pondok Modern Arrisalah Ponorogo untuk terus meningkatkan ukhuwah antar siswi kelas 6 serta mendukung segala kegiatan yang mampu mempererat silaturahmi antar siswi kelas 6. Sehingga para siswi dapat saling membantu, memberikan motivasi, saling peduli antar sesama, mampu menjadi pendengar yang baik guna memperbaiki motivasi belajar siswi.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: amalul fahrul handika
Date Deposited: 07 Sep 2024 02:42
Last Modified: 07 Sep 2024 02:42
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3263

Actions (login required)

View Item View Item