Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Penyusunan Media Pembelajaran berbasis “Komik” pada pelajaran Muthola’ah Buku “Qira’ah Rasyidah jilid 2”untuk Meningkatkan Nilai Siswi Kelas Tiga Intensif D-G, di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 ,Tahun Akademik: 2022-2023 M.

Nuraini, Siti (2022) Penyusunan Media Pembelajaran berbasis “Komik” pada pelajaran Muthola’ah Buku “Qira’ah Rasyidah jilid 2”untuk Meningkatkan Nilai Siswi Kelas Tiga Intensif D-G, di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 ,Tahun Akademik: 2022-2023 M. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (cover)
1 cover.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (216kB)
[img] FILE TEXT (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] FILE TEXT (halaman jdul)
3 halaman judul.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (bab 1)
4 bab 1.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (246kB)
[img] FILE TEXT (bab 2)
5 bab 2.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (350kB)
[img] FILE TEXT (bab 3)
6 bab 3.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] FILE TEXT (bab 4)
7 bab 4.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (150kB)
[img] FILE TEXT (refrensi)
8 refrensi.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus Dua sejak berdirinya sampai sekarang sangat memperhatikan sekali terhadap pengajaran bahasa Arab. Materi Muthola’ah sendiri adalah salah satu dari sekian materi yang dipelajari oleh santri KMI Pondok Modern Darussalam Gontor, dengan tujuan materi yang dituju adalah membiasakan santri untuk faham apa yang dibaca dari buku-buku dan lain sebagainya dengan pemahaman yang benar dan cepat tanpa adanya kesulitan, dan juga untuk berbicara dengan baik dan menyampaikan dengan baik pula, sehingga memudahkan pendengar memahami ide-ide dan arti kata-kata yang disampaikan. Akan tetapi, yang terjadi adalah bahwa santri menemukan kesulitan dalam memahami materi Muthola’ah, dari pemahaman perkata, perkalimat, dan keterkaitan santri dalam mempelajari materi ini. Dengan berbagai usaha yang dilakukan oleh pondok, peneliti menemukan bahwa nilai kelas 3 Intensif di Gontor Putri Kampus 2 belum mencapai target yang diinginkan. Untuk mengatasi kesulitan yang ada, peneliti mengembangkan media pembelajaran dalam materi Muthola’ah. Dari sinilah, peneliti berusaha untuk menyusun media pembelajaran buku “Qira’ah Rasyidah jilid 2” berbasis komik di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 1443 H-1444 H Berdasarkan rumusan masalah di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik media pembelajaran yang didasarkan pada media Komik untuk siswi kelas tiga intensif di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, di samping untuk melihat efektifitas Media Pembelajaran yang disusun dalam meningkatkan kecintaan dan nilai siswi kelas tiga intensif dalam materi Muthola’ah di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Wawancara, Observasi, Tes, Kuesioner, dan Dokumentasi. Dan untuk menganalisa data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan rumus (Mann Whitnay Test).. Hasil terpenting dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran yang disusun dengan berdasarkan pada media Komik dapat meningkatkan nilai siswi kelas tiga intensif di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai yang cukup signifikan dari hasil posttest yang dilakukan setelah media pembelajaran ini diterapkan. Diketahui bahwa media pembelajaran ini terbukti layak, dilihat dari hasil penilaian para ahli 90% (Baik Sekali), hasil penilaian guru 96% (Baik Sekali), dan hasil penilaian siswa 95% (Baik Sekali). Diketahui bahwa media pembelajaran ini terbukti efektif dilihat dari hasil (Mann Whitnay Test) nilai asymp-sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari asymp-sig. (2-tailed) = 0,05. Peneliti menyarankan untuk melakukan penelitian lain dalam desain sarana pendidikan yang digunakan dalam bahan bahasa Arab, dan berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan peneliti selama penelitiannya, menyarankan penelitian selanjutnya untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 - Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 - Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya

23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.500 Pers dan Media Massa Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: amalul fahrul handika
Date Deposited: 08 Sep 2024 02:50
Last Modified: 08 Sep 2024 02:50
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3283

Actions (login required)

View Item View Item