Thesis
Published
PENERAPAN STRATEGI LEARNING COMMUNITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSYA UNTUK SISWA KELAS 2B DI PONDOK PESANTREN BAITUL HIDAYAH BANDUNG TAHUN AJARAN 2022-2023-
Abstract
Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung adalah salah satu pondok pesantren di Indonesia yang mengacu pada kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor dalam pengembangan bahasa Arab, khususnya pada mata pelajaran Insya. Dalam proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Insya ini, seorang guru memiliki metode tetap yang ada di sekolah. Disebabkan oleh kurangnya variasi dalam mengajar maka keaktifan siswa menurun dan sekitar 76% siswa belum lulus dan hanya 24% siswa yang lulus setelah ujian harian. Dengan demikian perlu adanya perubahan dan perbaikan dalam proses pembelajaran atau strategi pengajarannya, maka salah satu strategi yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah strategi Learning Community.
Adapun tujuan penelitian ini dibagi menjadi dua hal: 1. Untuk mengetahui tentang penerapan strategi learning community untuk siswa kelas 2B pada mata pelajaran insya di pondok pesantren Baitul Hidayah Bandung, 2. Untuk menjelaskan efektifitas strategi learning community atas pencapaian pembelajaran Bahasa arab pada mata pelajaran Insya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) “Classroom Action Research’’ metode ini memberikan pengaruh yang besar terhadap keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Insya, dan jumlah siswa kelas 2B sebanyak 25 dari 33 siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Learning Community untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Insya, untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi pengujian, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Bahwa penerapan Strategi Learning Community dapat meningkatkan keaktifan siswa, dengan bukti siswa memperhatikan guru ketika pembelajaran berlangsung, semuanya memperhatikan, mendengarkan, menulis, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, aktif, dan berfikir, adapun persentasenya pada siklus pertama keaktifan siswa mencapai 85% dari 25 siswa di kelas dan mengalami peningkatan pada siklus kedua dengan keaktifan siswa mencapai 95% dari 25 siswa di kelas. 2) Bahwa penerapan Strategi Learning Community dapat meningkatkan hasil belajar siswa pondok pesantren Baitul Hidayah Bandung. Dengan bukti hasil belajar siswa pada siklus pertama dengan persentase 80% dengan rata-rata nilai 5,56 dan siklus kedua dengan persentase 92% dengan rata-rata nilai 6,72.
Berdasarkan dengan penelitian yang telah dilakukan, maka, peneliti mengharapkan kepada siswa kelas 2B di pondok pesantren Baitul Hidayah agar selalu terus meningkatkan hasil belajar pada saat pembelajaran berlangsung baik dengan menggunakan strategi ataupun metode lainnya. Dan kepada guru diharapkan mampu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan proses pembelajaran Bahasa Arab. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengambil wawasan dan referensi untuk mengembangkan dan menerapkan Strategi Learning Community dalam pembelajaran.
Publication Details
InstitutionUNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
DepartmentPENDIDIKAN BAHASA ARAB
Item ID3285
Deposited08 Sep 2024 03:07