Thesis
Published
تصميم المواد التعليمية لمادة الإنشاء لطالبات الفصل الثاني بمعهد عائشية للتربية الإسلامية الحديثة سمبيرجو بوجونيكورو
Abstract
Pondok Modern Aisyiyah merupakan salah satu pondok pesantren di
Indonesia yang sudah menjaga Bahasa Arab. Dan disamping itu dapat kita
lihat dari Visi dari Pondok ini adalah “Terwujudnya lembaga pendidikan Islam
berasrama yang unggul dan berstrandar Internasional (a leading and world -class Islamic Boarding School) sehingga mampu melahirkan generasi Muslimah
yang ‘alimah, ‘abidah, hanifah, menjadi tempat ibadah thalab al-a’ilmi, serta menjadi
sumber ilmu pengetahuan Islam, Bahasa al-qur’an, dan ilmu pengetahuan umum
dengan tetap berjiwa pesantren”.
Dan di pondok ini telah diajarkan pula beberapa pelajaran bahasa arab
dan diantaranya adalah, pelajaran insya, muthola’ah, nahwu, shorof, balaghoh,
durusullughoh, dan juga imla. Wujud perhatian pondok atas Bahasa Arab
tentunya tidak terlepas dari adanya kekurangan di dalamnya. Dalam hal ini
peneliti telah melakukan observasi lapangan pada pembelajaran Bahasa arab yang
ada di pondok. Adapun observasi ini dilakukan pada santriwati, guru, kurikulum,
dan juga bahan ajar. Maka peneliti menemukan beberapa permasalahan sekitar
pembelajaran Bahasa arab dan khususnya pada pembelajaran materi insya.
Penelitian ini akan menjawab beberapa pertanyaan, dan diantaranya adalah
((bagaimanakan karakteristik bahan ajar insya kelas 2 Pondok Modern Aisyiyah
Sumberrejo Bojonegoro, dan bagaimanakah keabsahan bahan ajar insya kelas 2
Pondok Modern Aisyiyah Sumberrejo Bojonegoro, dan apakah bahan ajar insya
kelas 2 Pondok Modern Aisyiyah Sumberrejo efektif untuk digunakan mengajar?))
Adapun metode penelitian pada penelitian ini adalah Research
&Development (R&D) model Borg nad Gall. Dalam pengumpulan ditanya,
peneliti menggunakan metode wawancara, tes, kuesioner, dan dokumentasi.
Adapun untuk menganalisa data peneliti menggunakan rumus t-test.
Hasil terpenting dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar pelajaran insya
kelas 2 di pondok modern Aisyiyah Sumberrejo Bojonegoro terdiri dari 9 judul,
dan setiap judul terdapat catatan penting dan juga Latihan soal. Dan disamping
itu juga peneliti menemukan perbedaan nilai santriwati sebelum dan sesudah
menggunakan bahan ajar insya. Hasil ini menjelaskan bahwasanya bahan ajar
insya telah didesain efektif untuk meningkatkan kemampuan santriwati ta’bir
tahriri.
Peneliti juga mengusulkan kepada para peneliti setelahnya untuk mendesain
bahan ajar insya yang dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik pada setiap
Lembaga dan juga dengan menyesuaikan lingkungan peserta didik.
Publication Details
InstitutionUNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID3411
Deposited15 Oct 2024 03:47