Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تصميم المواد التعليمية لمادة الإنشاء لطالبات الفصل الثاني بمعهد عائشية للتربية الإسلامية الحديثة سمبيرجو بوجونيكورو

Amalia Rahmah, Firda (2022) تصميم المواد التعليمية لمادة الإنشاء لطالبات الفصل الثاني بمعهد عائشية للتربية الإسلامية الحديثة سمبيرجو بوجونيكورو. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (COVER)
1. COVER.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (237kB)
[img] FILE TEXT (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (244kB)
[img] FILE TEXT (HALAMAN JUDUL)
3. HALAMAN JUDUL.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (551kB)
[img] FILE TEXT (BAB 1)
4. BAB I.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (279kB)
[img] FILE TEXT (BAB II)
5. BAB II.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (442kB) | 📑 Request Acces File
[img] FILE TEXT (BAB III)
6. BAB III.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (353kB) | 📑 Request Acces File
[img] FILE TEXT (BAB IV)
7. BAB IV.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (497kB) | 📑 Request Acces File
[img] FILE TEXT (BAB V)
8. BAB V.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (121kB) | 📑 Request Acces File
[img] FILE TEXT (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (228kB) | 📑 Request Acces File

Abstract

Pondok Modern Aisyiyah merupakan salah satu pondok pesantren di Indonesia yang sudah menjaga Bahasa Arab. Dan disamping itu dapat kita lihat dari Visi dari Pondok ini adalah “Terwujudnya lembaga pendidikan Islam berasrama yang unggul dan berstrandar Internasional (a leading and world -class Islamic Boarding School) sehingga mampu melahirkan generasi Muslimah yang ‘alimah, ‘abidah, hanifah, menjadi tempat ibadah thalab al-a’ilmi, serta menjadi sumber ilmu pengetahuan Islam, Bahasa al-qur’an, dan ilmu pengetahuan umum dengan tetap berjiwa pesantren”. Dan di pondok ini telah diajarkan pula beberapa pelajaran bahasa arab dan diantaranya adalah, pelajaran insya, muthola’ah, nahwu, shorof, balaghoh, durusullughoh, dan juga imla. Wujud perhatian pondok atas Bahasa Arab tentunya tidak terlepas dari adanya kekurangan di dalamnya. Dalam hal ini peneliti telah melakukan observasi lapangan pada pembelajaran Bahasa arab yang ada di pondok. Adapun observasi ini dilakukan pada santriwati, guru, kurikulum, dan juga bahan ajar. Maka peneliti menemukan beberapa permasalahan sekitar pembelajaran Bahasa arab dan khususnya pada pembelajaran materi insya. Penelitian ini akan menjawab beberapa pertanyaan, dan diantaranya adalah ((bagaimanakan karakteristik bahan ajar insya kelas 2 Pondok Modern Aisyiyah Sumberrejo Bojonegoro, dan bagaimanakah keabsahan bahan ajar insya kelas 2 Pondok Modern Aisyiyah Sumberrejo Bojonegoro, dan apakah bahan ajar insya kelas 2 Pondok Modern Aisyiyah Sumberrejo efektif untuk digunakan mengajar?)) Adapun metode penelitian pada penelitian ini adalah Research &Development (R&D) model Borg nad Gall. Dalam pengumpulan ditanya, peneliti menggunakan metode wawancara, tes, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data peneliti menggunakan rumus t-test. Hasil terpenting dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar pelajaran insya kelas 2 di pondok modern Aisyiyah Sumberrejo Bojonegoro terdiri dari 9 judul, dan setiap judul terdapat catatan penting dan juga Latihan soal. Dan disamping itu juga peneliti menemukan perbedaan nilai santriwati sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar insya. Hasil ini menjelaskan bahwasanya bahan ajar insya telah didesain efektif untuk meningkatkan kemampuan santriwati ta’bir tahriri. Peneliti juga mengusulkan kepada para peneliti setelahnya untuk mendesain bahan ajar insya yang dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik pada setiap Lembaga dan juga dengan menyesuaikan lingkungan peserta didik.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Alfian Kharis
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:47
Last Modified: 15 Oct 2024 03:47
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3411

Actions (login required)

View Item View Item