Febiana Surino, Nur ALifah (2025) تنفيذ تقييم السلوك في منهج المستقل في مدرسة 120جاكرتا الإعدادية الحكومية. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
Abstract
Salahsatu komponen dalam pelaksanaan pembelajaran adalah proses penilaian. Penilaian sikap sebagai alat ukur dilakukan untuk mengetahui tingkat perkembangan dan kemajuan siswa selama proses pembelajaran. Bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis penerapan sikap spiritual dan sikap sosial dalam Kurikulum Merdeka sebagai membentuk karakter siswa sesuai nilai Pancasila dan ajaran Islam. Pendekatan ini memperkuat moral, karakter, dan keterampilan siswa serta menilai efektivitas dan keakuratan instrumen penilaian dalam mengukur sikap siswa profil pelajar Pancasila di SMPN 120 Jakarta. Tujuan Penelitian ini untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana penilaian sikap spiritual dan sikap kewarganegaraan Pada Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah serta menilai efektivitas dan keakuratan instrumen tersebut dalam mengukur sikap siswa profil pelajar Pancasila di SMPN 120 Jakarta (2) Mengetahui bagaimana penilaian sikap sosial pada Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif disekolah SMPN 120 Jakarta pada bulan April-September 2024. metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan rujukan Miles and Hubberman dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam kurikukulum Merdeka kegiatan Co-Kurikulum terdapat raport penilaian hasil belajar, yang masuk kedalam ranah sikap siswa, yang mengukur dengan predikat mulai berkembang, sedang berkembang, berkembang sesuai harapan, sangat berkembang. Kemudian terdapat Penilaian sikap spiritual dan kewarganegaraan bertujuan untuk menanamkan dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berkebhinekaan global. Penilaian sikap sosial bertujuan untuk menanamkan dimensi gotong royong, bernalar kritis, kreatif dan mandiri Berdasarkan kesimpulan, peneliti mengajukan beberapa saran, diantaranya: (1) Agar penilaian lebih objektif dan konsisten, guru dapat menggunakan rubrik penilaian yang jelas untuk setiap predikat, dan Berikan laporan perkembangan siswa kepada wali murid secara rutin, sehingga mereka dapat mendukung pembentukan sikap positif siswa di rumah. (2) Untuk meningkatkan implementasi penilaian sikap spiritual, kewarganegaraan dan sikap sosial pada Kurikulum Merdeka di SMPN 120 Jakarta penting diharapkan untuk lebih bisa memperhatikan siswa-siswa yang kurang aktif dalam sekolah, baik pada Ko-Kulikuler dan ektrakulikuler, agar seluruh siswa sekolah dapat menjadi siswa yang berakhlak mulia, berkarakter dan bermoral baik dalam bersosialisasi bermasyarakat. Kata Kunci: Implementasi, Penilaian Sikap, Kurikulum Merdeka, Sekolah SMPN 120 Jakarta
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi: Nur Alifah Febiana Surino NIM: 422021118111 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Penilaian Sikap, Kurikulum Merdeka, Sekolah SMPN 120 Jakarta |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 45 Nur Alifah Febiana Surino |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 06:29 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5226 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |