Mufidah, Azzah (2025) VAK تأثير نموذج التعليم (البصري والسمعي والحركي) على نتائج تعلم الطالبات في مادة الفقه للفصل الأول التكثيفي بكلية المعلمات الإسلامية معهد دارالسلام كونتور الحرم الثالث للبنات. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
Abstract
Proses pembelajaran adalah interaksi antara guru dan siswi untuk mencapai tujuan pendidikan secara bermakna dan efektif. Guru berperan penting melalui pemilihan model pembelajaran yang sesuai, khususnya dalam pembelajaran Fiqih pada bab kepengurusan jenazah. Model direct instruction di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 dirasa sering kurang efektif, sehingga diperlukan model pembelajaran inovatif seperti VAK (Visual, Auditory, and Kinesthetic). Pada penelitian ini peneliti menemukan beberapa kendala, terlihat dari penurunan rata-rata nilai siswa selama tiga tahun terakhir. Kendala ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa cenderung kurang baik akibat penerapan model pembelajaran yang kurang variatif dan sesuai untuk memudahkan pemahaman materi pada siswi. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar pada materi Fiqih kelas 1 Intensif Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 tahun ajaran 1445-1446 H. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif model quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Adapun sampel pada penelitian ini menggunakan jenis sampel jenuh yang berjumlah 43 anak dengan rekapitulasi 22 siswi kelas kontrol dan 21 anak kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata non paramaterik, dengan jenis uji Mann Whitney dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menyimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar pada materi Fiqih kelas 1 Intensif Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 melalui pre-test dan post-test, dengan bukti nilai Asymp. Sig (2-tailed) yaitu 0,003 < 0,05 maka disimpulkan bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan berbagai kesimpulan yang telah tertera diatas, peneliti mengajukan beberapa saran bahwa: 1) Model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, and Kinesthetic) menjadikan siswi lebih termotivasi, terlibat aktif, dan tidak mudah merasa bosan selama kegiatan belajar mengajar, 2) Fleksibilitas model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, and Kinesthetic) memungkinkan guru untuk mengimplementasikannya pada materi Fiqih berlangsung, 3) Bagi sekolah dapat menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, and Kinesthetic) dikarenakan terbukti meningkatkan hasil belajar siswi. Kata Kunci: Model Pembelajaran VAK, Hasil Belajar, Materi Fiqih
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi : Azzah Mufidah NIM : 422021113034 |
Uncontrolled Keywords: | نموذج التعليم البصري والسمعي والحركي، نتائج التعلم، مادة الفقه. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 422021 Azzah Mufidah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 09:41 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 09:41 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5319 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |