Khoir, Miftahul (2025) تصميم المواد التعليمية لمهارة القراءة وقفا للإطار الأوروبي المرجعي المشترك للغات (CEFR) لطلاب المستوى A2 بجا معة دار السلام كونتور 2024 - 2025. S2 Masters thesis, Universitas Darussalam Gontor.
Abstract
Meningkatkan keterampilan membaca mahasiswa adalah satu tugas yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran. Tidak sedikit lembaga pendididkan di Indonesia, termasuk Universitas Darussalam Gontor yang sudah berupaya dalam meningkatkan keterampilan membaca melalui pembelajaran didalam kelas dan lain-lainya, namun masih belum memiliki buku ajar khusus sebagai salah satu penunjang suksesnya pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan membaca mahasiswa adalah buku ajar khusus yang sesuai dengan tingkat kemampuan mahasiswa, salah satunya adalah buku ajar Maharah Qira’ah. Berdasarkan pada latar belakang diatas, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik bahan ajar untuk keterampilan membaca berdasarkan teori Common European Framework of Reference for Language (CEFR) untuk mahasiswa level A2 Universitas Darussalam Gontor. (2) Mengetahui kelayakan bahan ajar untuk keterampilan membaca berdasarkan teori (CEFR) untuk mahasiswa level A2 Universitas Darussalam Gontor. (3) Mengetahui efektifitas bahan ajar untuk keterampilan membaca berdasarkan teori (CEFR) untuk mahasiswa level A2 Universitas Darussalam Gontor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D) model Borg & Gall. Dalam pengumpulan datanya, peneliti menggunakan metode wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat, kemudian peneliti menggunakan rumus Independent Sample t-test dengan bantuan SPSS 27. Dikarenakan nilai atau data normal tapi tidak homogen. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) buku ajar yang disusun sebagai pegangan dosen dan mahasiwa untuk meningkatkan kemapuan membaca mahasiswa. Buku ini dilengkapi dengan sampul dalam, kosakata, makalah utama, dan berbagai jenis latihan. Dalam penyajiannya, peneliti menggunakan warna dan gambar yang sesuai dengan judul dan menarik perhatian mahasiswa dalam membaca (2) Diketahui bahwa buku ajar ini terbukti layak dilihat dari hasil penilaian para ahli yaitu 93,95%, hasil penilaian guru 93,84%, dan hasil penilaian siswa 89,33%. (3) Diketahui bahwa buku ajar ini terbukti efektif dilihat dari hasil t-test nilai sig. (2-Tailed) < 0,001 lebih kecil dari standart significant t-table 5%= 0,05. Artinya, hipotesis nol ditolak dan hipotesis opsional diterima. Hasil ini menjelaskan bahwa buku ajar ini efektif untuk meningkatkan kemapuan membaca mahasiswa level A2 di Universitas Darussalam Gontor. Dengan ini, peneliti berharap agar para pengajar, khususnya pengajar bahasa arab agar memperhatikan secara khusus keterampilan membaca pada peserta didiknya dan pada semua keterampilan bahasa lainnya. Peneliti juga menyarankan kepada para peneliti lain setelahnya untuk menyusun bahan ajar lain karena kebutuhan peserta didik di setiap lembaga pendidikan berbeda, demikian juga kebutuhan peserta didik disetiap tingkatannya.
Item Type: | Thesis ( S2 Masters ) |
---|---|
Additional Information: | Thesis : Miftahul Khoir 432024811039 |
Uncontrolled Keywords: | Desain Buku Ajar, Maharah Qira’ah, CEFR. |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 375 Kurikulum 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa |
Divisions: | Pascasarjana Magister UNIDA Gontor > Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2023 Miftahul Khoir |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 02:32 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 02:32 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5808 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |