Search for collections on UNIDA Gontor Repository

آثار خلفية التربية لمعلم مادة الدراسة الإسلامية نحو جودة التدريس لمادة الدراسة الإسلامية بالمدرسة الثانوية الإسلامية دار الهدى ماياك طوناتان فونوروكو

budiyanto, M.heru (2006) آثار خلفية التربية لمعلم مادة الدراسة الإسلامية نحو جودة التدريس لمادة الدراسة الإسلامية بالمدرسة الثانوية الإسلامية دار الهدى ماياك طوناتان فونوروكو. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] Text (cover)
1 cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29kB)
[img] Text (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (180kB)
[img] Text (daftar isi)
3 daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (94kB)
[img] Text (bab 1)
4 bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (285kB)
[img] Text (bab 2)
5 bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (887kB)
[img] Text (bab 3)
6 bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (251kB)
[img] Text (bab 4)
7 bab 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (541kB)
[img] Text (bab 5)
8 bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (143kB)
[img] Text (refrensi)
9 refrensi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (124kB)

Abstract

Masalah guru merupakan topik yang tidak akan habis untuk dibahas dan diteliti, karena guru diyakini sebagai salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan anak didik dalam melakukan proses tranformasi ilmu pengetahuan, etika, dan moral. Lembaga dapat diartikan sebagai tempat orang-orang yang sengaja disiapkan untuk menjadi tenaga kependidikan atau guru. Pendidik dibekali dengan pelajaran tentang pendidikan dalam waktu yang lama, agar mereka menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan mengajar. Ketrampilan dan kemanpuan guru pasti berbeda dengan pengalaman dan pengetahuan yang didapat pada pendidikan guru yang mempunyai pendidikan tinggi akan berbeda dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan guru yang memiliki pendidikan yang lebih rendah, . apalagi belum diimbangi dengan pengalaman yang lama Berdasarkan pemikiran di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap kualitas mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak, Tonatan Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik; 1) Angket, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode statistik dengan rumus korelasi koefisien kontingensi dengan populasi guru yang berjumlah 14 orang dan di ambil 9 orang, yang terdiri . dari 6 guru dan 3 guru perempuan. Seluruh objek penelitian dianalisis untuk membuktikan pengaruh latar bekang pendidikan guru terhadap kualitas mengajar pada materi pendidikah Agama Islam. I Hasil penelitain menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan guru di Madrasah Aliyah Darul Huda M;ayak, Tonatan Ponorogo mencapai taraf kualifikasi tinggi yaitu lulusan SI, lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren, lulusan D-2. sedangkan prosentase kualitas mengajar oleh guru yaitu 55, 56 % baik, 33,33 % cukup, dan 11, 11 % kurang, dengan analisis statistic pada taraf signifikan 5% 0t = 0,66 sehingga 0o > 0t maka Ha diterima, sehingga hasilnya adalah ada pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap kualitas mengajar materi pendidikan agama Islam di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Berdasarkan basil penelitian, peneliti menyarankan: 1) kepada pihak sekolah agar selektif dalam memperhatikan lulusan guru untuk dijadikan tenaga pengajar. 2) kepada para guru agar mengikuti training dan latihan-latihan mengajar untuk meningkatkan ketrampilan dan kualitas mengajarnya. 3) kepada pemerintah agar mempcrhatikan kesejahteraan guru, karena guru akan mengajar dengan baik, mana kala kesejahteraannnya terjamin dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:35
Last Modified: 28 Aug 2023 03:35
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2906

Actions (login required)

View Item View Item