anggraini, eka retno (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI FIQIH KELAS 5 DI MIN 13 MAGETAN TAHUN 2022-2023. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (cover)
1 cover.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (301kB) |
|
FILE TEXT (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (261kB) |
|
FILE TEXT (halaman judul)
3 halaman judul.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
FILE TEXT (bab 1)
4 bab 1.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (323kB) |
|
FILE TEXT (bab 2)
5 bab 2.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (550kB) |
|
FILE TEXT (bab 3)
6 bab 3.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
FILE TEXT (bab 4)
7 bab 4.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
FILE TEXT (refrensi)
8 ref.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini diangkat dan dilatar belakangi dengan permasalahan yang ada pada pengembangan proses pembelajaran yang ada pada dunia pendidikan, Masalah yang terdapat di lembaga pendidikan MIN 13 Magetan, menunjukkan uji penggunaan model pembelajaran HOTS (High Order Thinking Skill), diketahui peserta didik kelas 5 mempelajari mata pelajaran fiqih sebagai wawasan ilmu pengetahuan ilmu kategorik Pendidikan Agama Islam. Keseluruhan siswa memiliki pemerolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih yang terbilang baik, tetapi model pembelajaran yang digunakan monoton, namun belum dapat mencangkup keseluruhan pada 3 ranah pendidikan. Dari hasil lapangan tidak seperti expetasi yang sangat tinggi, maka peneliti ingin membandingkan bagaimana pengaruh hasil belajar fiqih terhadap model pembelajaran HOTS (High Order Thinking Skill) pada siswa kelas 5 MIN 13 Magetan. Tujuan dari penelitian ini adalah agar peserta didik atau siswa dapat memiliki kecakapan yang ada dalam model keterampilan berfikir tingkat tinggi yaitu antara lain: kecakapan berfikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill), kecakapan berkomunikasi (Communication Skill), Kreativitas inovasi (Creativity and Innovation), dan Kolaborasi (Colaboration). Dengan tindakan kelas tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian antara lainnya: (1) Mengetahaui pelaksanaan metode eksperimen dalam meningatkan hasil belajar pada siswa, (2) Mengetahaui peningkatan, perbandingan, dan pengaruh hasil belajar siswa dengan metode eksperimen pada siswa dengan model pembelajaran HOTS (High Order Thinking Skill) pada materi fiqih siswa kelas 5 MIN 13 Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan menggunkan metode Tru Experimental Design (eksperimen betul-betul) dalam bentuk Posttest-Only-Control Design. Penelitian ini dilakukan pada kelas 5 dengan jumlah anak dengan populasi berjumlah 92 anak, dengan pengambilan sampel anak sejumlah 61, 30 sisiwa pada kelas 5C sebagai kelas Eksperimen, dan 31 siswa pada kelas 5B sebagai kelas Kontrol. Pengambilan sampel penggunaan yang digunakan yaitu pengambilan sampel Simple Random Sampling (sampel acak kelompok) dilakukan acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data menggunakan tes (posttes) dan metode analisis menggunakan program IBM SPSS V26. Hasil yang dilaksanakan oleh peneliti, dapat menarik kesimpulan pada hasil belajar fiqih dilihat dari hasil posttes antara kedua kelas yang diteliti yaitu kedua kelompok kelas yang memperoleh hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen (5C) yaitu 84,23, sedangkan kelas kontrol (5B) memperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 63,97. Dari hasil data yang telah diuji terbukti nilai means 84,23 (Kelas Eksperimen) > 63,97(Kelas Kontrol) dengan banding score sebesar 20,26 %. Diperkuat dengan hasil uji Hipotesis menggunakan Uji Mann Whitney U Test, Uji tersebut digunakan karena tidak tercapainya uji homoginitas pada persyaratan analisa data. Hasil uji hipotesis statistika menyatakan nilai signnifikansi ( Sig 2 Tailed ) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran HOTS (High Order Thinking Skill) berpengaruh pada hasil belajatr Fiqih. Dari hasil penelitian diharapkan: (1. Bagi guru selaku pendidik di MIN 13 Magetan agar dapat menjadi acuan dalam menciptakan ide-ide yang inovatif dalam pembelajaran dan juga evaluasi di kegiatan belajar Fiqih dan hasil belajar siswa. (2. Untuk sekolah diharapkan agar lebih memperhatikan evaluasi dari kegiatan belajar mengajar setiap materi dan terutama pentingnya integrasi mata pelajaran fiqih sama pentingnya dengan mata pelajaran saintik di madrasaih ibtidaiyah.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | amalul fahrul handika |
Date Deposited: | 07 Sep 2024 02:43 |
Last Modified: | 07 Sep 2024 02:43 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3262 |
Actions (login required)
View Item |