Jasirawati, Jasirawati (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANCAR TUBAN TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (cover)
1 COVER.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (292kB) |
|
FILE TEXT (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (242kB) |
|
FILE TEXT (halaman judul)
3 halaman judul.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (836kB) |
|
FILE TEXT (bab 1)
4 bab 1.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (200kB) |
|
FILE TEXT (bab 2)
5 bab 2.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (389kB) |
|
FILE TEXT (bab 3)
6 bab 3.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (495kB) |
|
FILE TEXT (bab 4)
7 bab 4.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (380kB) |
|
FILE TEXT (bab 5)
8 bab 5.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (83kB) |
|
FILE TEXT (refrensi)
9 refrensi.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari karena bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Disisi lain Strategi pembelajaran heuristik adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Dilihat dari nilai hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Bancar Tuban mengalami penurunan, dengan ini peneliti mencoba melakukan penelitian menggunakan strategi pembelajaran heuristic dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan strategi pembelajaran heuristic di kelas VII SMP Negri 2 Bancar Tuban pada pelajaran pendidikan agama Islam. (2) Tingkat hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negri 2 Bancar Tuban setelah melakukan penerapan strategi pembelajaran heuristic. (3) Pengaruh strategi pembelajaran heuristik pada pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negri 2 Bancar Tuban tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian True Experimental Design, tipe Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 7 SMP Negri 2 Bancar Tuban, yang berjumlah 61 peserta didik. kemudian untuk sample, peneliti mengambil 61 peserta didik yang terdiri dari kelas 7 A 31 siswa dan kelas 7 B 30 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, karena semua anggota populasi akan digunakan sebagai sampel untuk penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes dilengkapi dengan beberapa dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus rata-rata uji maan whitney dengan bantuan spss 16. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dalam penggunaan strategi pembelajaran heuristik pada pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negri 2 Bancar Tuban tahun ajaran 2022/2023. Dengan hasil analisis statistic pada uji maan whittney dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control, yang artinya terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran heuristic terhadap hasil belajar materi pendidikan agama Islam. Berdasarkan kesimpulan, peneliti mengajukan beberapa saran, bahwa (1) Dengan adanya strategi pembelajaran heuristic ini, diharapkan untuk peserta didik dapat meningkatkan motivasi serta menambah semangat dan keaktifan siswa dalam belajar. (2) Sebagai masukan bagi guru diharapkan untuk memilih variasi dan penerapan strategi pembelajaran yang tepat khusunya terkait dengan strategi pembelajaran heuristik untuk memperbaiki proses pembelajaran, agar pembelajaran dapat berjalan menyenangkan dan bisa menggunakan model /strategi yang bervariasi. (3) Untuk sekolah, dengan menggunakan strategi heuristic dapat membantu sekolah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan juga dapat meningkatkan kualitas sekolah. (4) Untuk para peneliti yang akan datang diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi yang terkait dengan strategi pembelajaran heuristik maupun hasil belajar agar hasil penelitiannya dapat lebih baik dan lebih lengkap lagi.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 200 Agama 23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 202 Ajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | amalul fahrul handika |
Date Deposited: | 07 Sep 2024 03:40 |
Last Modified: | 07 Sep 2024 03:40 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3265 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |