Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تصميم الكتاب المصاحب في علم البديع لترقية نتيجة تعلم طالبات الفصل السادس G-L بكلية المعلمات الإسلامية معهد دارالسلام كونتور الحرم الثاني للبنات للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي 1443 /44 14

Mudawamah, Ladzatul (2022) تصميم الكتاب المصاحب في علم البديع لترقية نتيجة تعلم طالبات الفصل السادس G-L بكلية المعلمات الإسلامية معهد دارالسلام كونتور الحرم الثاني للبنات للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي 1443 /44 14. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (cover)
1 cover.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] FILE TEXT (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (254kB)
[img] FILE TEXT (halaman judul)
3 halaman judul.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (657kB)
[img] FILE TEXT (bab 1)
4 bab 1.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (265kB)
[img] FILE TEXT (bab 2)
5 bab 2.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (398kB)
[img] FILE TEXT (bab 3)
6 bab 3.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] FILE TEXT (bab 5)
8 bab 5.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (146kB)
[img] FILE TEXT (bab 4)
7 bab 4.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (refrensi)
9 refrensi.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (225kB)

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor sudah mulai memperhatikan terhadap pembelajaran Bahasa Arab dari awal hingga kini. Bahsa Arab adalah system yang mengkhususkan diri pda pilihan kata, kosa kata, metode dan ucapan. Ucapan pada ilmu Balaghoh yang merupakan salah satu bukti yang menunjukkan kefasihan seseorang dalam berbicara. Namun, Balaghoh masih mengalami kesulitan dalam pengajaran dan pembelajarannya. Kesulitan-kesulitan ini direpresentasikan dalam proses belajar mengajar terhadap guru dan siswa. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti merancang buku pendamping untuk pelajaran Ilmu Badi’ untuk kelas 6 G-L di Kulliyatul Mu’alimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apa spesifikasi buku pendamping untuk pelajaran Ilmu Badi’ untuk kelas 6 G-L di Kulliyatul Mu’alimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2?”, “Bagaimana keabsahan buku pendamping untuk pelajaran Ilmu Badi’ untuk kelas 6 G-L di Kulliyatul Mu’alimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2?”, “apakah buku pendamping untuk pelajaran Ilmu Badi’ efektif untuk meningkatkan nilai belajar kelas 6 G-L di Kulliyatul Mu’alimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas spesifikasi, validitas, dan efektivitas buku pendamping untuk pelajaran Ilmu Badi’ untuk meningkatkan nilai belajar kelas 6 G-L di Kulliyatul Mu’alimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 tahun ajaran 1443/1444. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan teori Borg & Gall. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Wawancara, Tes, Kuesioner, dan Dokumentasi. Dan untuk menganalisa data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan rumus Mann Whitney. Salah satu hasil yang paling penting dari penelitian ini adalah bahwa materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar santri kelas enam datang dalam bentuk buku dan bahwa buku ini berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar santri kelas enam, karena nilai hasil post-test mereka untuk kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan dengan skor hasil kelompok kontrol. Selain itu, hasil angket memperkuat hasil penelitian dan membuktikan bahwa buku pendamping ini menarik dan disukai oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini sebelumnya, peneliti berharap kepada seluruh guru Balaghoh untuk mempelajari materi retorika dan bahasa Arab selain dari apa yang peneliti siapkan agar memiliki pengetahuan dan informasi yang lebih banyak dan lebih luas sehingga buku yang menyertainya dapat diterapkan pada materi lainnya.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 210 - Filsafat dan teori agama > 215 Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama
Divisions: Pascasarjana Magister UNIDA Gontor > Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: amalul fahrul handika
Date Deposited: 08 Sep 2024 03:44
Last Modified: 08 Sep 2024 03:44
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3288

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item