Maliha, Crystalin Ainun (2023) Efektifitas media pembelajaran Folding Board dan Pop Up Book untuk meningkatkan nilai Nahwu di KMI pondok Modern Darussalam Gontor Putri. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (cover)
1 cover.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (248kB) |
|
FILE TEXT (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (260kB) |
|
FILE TEXT (halaman jduul)
3 halaman jduul.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (586kB) |
|
FILE TEXT (bab 1)
4 bab 1.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (362kB) |
|
FILE TEXT (bab 2)
5 bab 2.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (510kB) |
|
FILE TEXT (bab 3)
6 bab 3.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (277kB) |
|
FILE TEXT (bab 4)
7 bab 4.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (685kB) |
|
FILE TEXT (bab 5)
8 bab 5.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (252kB) |
|
FILE TEXT (refrensi)
9 refrensi.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (305kB) |
Abstract
Materi Nahwu diajarkan dari kelas dua hingga enam. Setelah peneliti memperhatikan dan mewawancarai beberapa guru, diketahui bahwa murid kelas 2 mempunyai beberapa masalah atau kesulitan dalam mempelajari Nahwu. Karena ini merupakan pelajaran yang baru dipelajari. Didalamnya banyak kaidah, kata, kalimat, dan i’rab. Dan pengajar dengan pengajaran konvensional dengan menggunakan bahasa Arab sehingga siswi menganggap bahwa pelajaran Nahwu sulit untuk dipahami. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melihat perlunya menggunakan media pembelajaran saat mengajar Nahwu untuk meningkatkan nilai siswa. Peneliti memilih alat peraga Folding Board karena inovatif dan menarik perhatian siswi lebih banyak sehingga dapat meningkatkan nilai Nahwu siswi. Sedangkan Media Pop Up Book dapat meningkatkan ketrampilan bahasa siswa dengan gambar menarik pada mata pelajaran tertentu. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui keefektifasan media pembelajaran Folding Board dan Pop Up Book untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Nahwu, mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dalam pelajaran Nahwu dengan media Folding Board dan Pop Up Book. mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dalam pelajaran Nahwu dengan media pembelajaran Folding Board dan pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam dalam pelajaran Nahwu dengan media Pop Up Book dengan pembelajaran konvensional. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswi kelas 2 KMI Gontor Putri Kampus 3. Metode pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Dalam analisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif statistik, uji persyaratan dan uji homogenitas, dan pengambilan kesimpulan menggunakan Uji Kruskall Wallis dan Uji Mann-Whitney. Salah satu hasil terpenting dari penelitian ini adalah 1) bahwa penggunaan media pembelajaran Folding Board dan Pop Up Book efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswi kelas 2 dalam pelajaran Nahwu di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3, dibuktikan dengan analisis statistik dengan uji Kruskall Wallis dan uji Man Whitney, 2) terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa dalam pelajaran Nahwu menggunakan media pembelajaran Folding Board dengan Pop Up Book 3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa dalam pembelajaran Nahwu menggunakan media Folding Board dengan pembelajaran Konvensional, 4) tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa dalam pelajaran Nahwu menggunakan media pembelajaran Pop Up Book dengan pendidikan Konvensional. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, peneliti berharap kepada para guru untuk memanfaatkan media pembelajaran tersebut dalam pelajaran Nahwu karena memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar dan sangat membantu menghadapi kesulitan belajar. Dan untuk Peneliti selanjutnya agar bisa mengembangkan kedua media ini dan menerapkannya dalam materi lain sehingga dapat diuji lebih banyak lagi keefektifannya.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | amalul fahrul handika |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:02 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:02 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3302 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |