Thesis
Published
الثاني الفصل لطالبات اإلنشاء مهارة تنمية في األسبوعي اإلنشاء تأثير األول الحرم للبنات كونتور السالم دار بمعهد اإلسالمية المعلمات بكلية إندونيسيا الشرقية جاوي نجاوي مانتنجان بسامبيريجو
Abstract
Bahasa Arab adalah bahasa pengantar yang digunakan dalam proses belajar-mengajar di
Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 khususnya untuk materi-materi agama dan
materi bahasa. Maka para guru berbicara dan menerangkan materi-materi tersebut dengan
menggunakan Bahasa Arab. Dengan demikian, Pondok Modern ini telah mengupayakan
bermacam kegiatan yang dianggap dapat membantu siswi dalam mengembangkan kemampuan
berbahasa baik kegiatan formal atau non formal khususnya dalam peningkatan kemampuan
menulis seperti insya’ yaumi, yaitu latihan menulis untuk siswi dengan materi umum segala
kegiatan yang dialami siswi dalam kehidupan sehari-hari di Pondok Modern, baik yang kegiatan
yang dilihat, dirasakan, didengar, ataupun yang dikerjakan secara langsung. Latihan menulis
insya’ yaumi dilaksanakan satu kali dalam satu minggu yaitu setiap hari ahad, kemudian buku
dikumpulkan kepada ketua kelas. Pongoreksi buku insya’ yaumi adalah wali kelas dari kelas itu
sendiri. Peneliti memilih kelas 2 KMI sebagai objek penelitian karena kelas 2 KMI adalah
angkatan pertama yang mempelajari materi insya’ dan siswi kelas 2 KMI telah mempelajari
durusul lughoh al-‘arobiyyah jilid 1. Dengan demikian apa yang telah mereka pelajari seharusnya
mempunyai pengaruh kepada siswi kelas 2 KMI dengan dapat menulis materi insya’ dengan baik,
baik dari segi penyusunan kata ataupun pemilihan kata.
Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah untuk: 1) mengetahui kemampuan siswi
kelas 2 KMI dalam latihan menulis insya’ usbu’i; 2) mengetahui kemampuan siswi kelas 2 KMI
dalam peningkatan kemampuan belajar insya’; 3) mengetahui adanya pengaruh insya’ usbu’i
dalam peningkatan kemampuan belajar insya’ siswi kelas 2 KMI Pondok Modern Darussalam
Gontor Putri Kampus 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur indonesia tahun ajaran 1437-1438 H.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian berikut: studi
kuantitatif dan studi korelasi, sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah metode
regresi untuk mengetahui adanya pengaruh antar dependen dan independen. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswi kelas 2 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 yang
berjumlah 462 siswi. Dan sampel yang digunakan adalah 20% dengan jumlah 91 siswi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa standar kemampuan siswi kelas 2 KMI dalam
insya’ yaumi adalah mutawassith (sedang) dengan nilai 6,47 dan standar kemampuan siswi kelas
2 KMI dalam pelajaran insya’ adalah ‘aliyah (tinggi) dengan nilai 39,26. Dengan menggunakan
SPSS diketahui bahwa nilai F hitung = 107,534 dan F table = 3,948. Sesuai dengan rumus regresi
bahwa apabila F hitung > F table, dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka hipotesis
alternatifnya diterima (Alternative hypothesi/ Ha). Dependen mempunyai pengaruh terhadap
independen sebesar 54,7% sedangkan 45,35% dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada Direktur Kulliyatul
Mu’allimat Al-Islamiyyah dan staf pembantunya untuk lebih menerapkan metode penulsan dalam
insya’ yaumi serta dibantu oleh seluruh wali kelas dalam mengoreksi buku insya’ yaumi siswi.
Dan peneliti berharap kepada pembahas yang akan datang untuk melengkapi dan mendalami lebih
baik lagi.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 490 - Bahasa-bahasa lain > 490 Bahasa-bahasa lain
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Item ID351
Deposited02 Nov 2020 08:16