Search for collections on UNIDA Gontor Repository

‫الثاني‬ ‫الفصل‬ ‫لطالبات‬ ‫اإلنشاء‬ ‫مهارة‬ ‫تنمية‬ ‫في‬ ‫األسبوعي‬ ‫اإلنشاء‬ ‫تأثير‬ ‫األول‬ ‫الحرم‬ ‫للبنات‬ ‫كونتور‬ ‫السالم‬ ‫دار‬ ‫بمعهد‬ ‫اإلسالمية‬ ‫المعلمات‬ ‫بكلية‬ ‫إندونيسيا‬ ‫الشرقية‬ ‫جاوي‬ ‫نجاوي‬ ‫مانتنجان‬ ‫بسامبيريجو‬

Khoiriyah, Rosyidatul (2020) ‫الثاني‬ ‫الفصل‬ ‫لطالبات‬ ‫اإلنشاء‬ ‫مهارة‬ ‫تنمية‬ ‫في‬ ‫األسبوعي‬ ‫اإلنشاء‬ ‫تأثير‬ ‫األول‬ ‫الحرم‬ ‫للبنات‬ ‫كونتور‬ ‫السالم‬ ‫دار‬ ‫بمعهد‬ ‫اإلسالمية‬ ‫المعلمات‬ ‫بكلية‬ ‫إندونيسيا‬ ‫الشرقية‬ ‫جاوي‬ ‫نجاوي‬ ‫مانتنجان‬ ‫بسامبيريجو‬. Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
341211535-FullSkripsi_Rosyidatul Khoiriyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
341211535-FullSkripsi_Rosyidatul Khoiriyah_cover.pdf - Cover Image

Download (190kB)
[img] Text
341211535-FullSkripsi_Rosyidatul Khoiriyah_Halaman Judul fix.pdf

Download (833kB)
[img] Text
341211535-FullSkripsi_Rosyidatul Khoiriyah_Abstrak fix.pdf

Download (413kB)
[img] Text
341211535-FullSkripsi_Rosyidatul Khoiriyah_Bab 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
341211535-FullSkripsi_Rosyidatul Khoiriyah_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
341211535-FullSkripsi_Rosyidatul Khoiriyah-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
341211535-FullSkripsi_Rosyidatul Khoiriyah-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
341211535-FullSkripsi_Rosyidatul Khoiriyah-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
341211535-FullSkripsi_Rosyidatul Khoiriyah-daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa pengantar yang digunakan dalam proses belajar-mengajar di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 khususnya untuk materi-materi agama dan materi bahasa. Maka para guru berbicara dan menerangkan materi-materi tersebut dengan menggunakan Bahasa Arab. Dengan demikian, Pondok Modern ini telah mengupayakan bermacam kegiatan yang dianggap dapat membantu siswi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa baik kegiatan formal atau non formal khususnya dalam peningkatan kemampuan menulis seperti insya’ yaumi, yaitu latihan menulis untuk siswi dengan materi umum segala kegiatan yang dialami siswi dalam kehidupan sehari-hari di Pondok Modern, baik yang kegiatan yang dilihat, dirasakan, didengar, ataupun yang dikerjakan secara langsung. Latihan menulis insya’ yaumi dilaksanakan satu kali dalam satu minggu yaitu setiap hari ahad, kemudian buku dikumpulkan kepada ketua kelas. Pongoreksi buku insya’ yaumi adalah wali kelas dari kelas itu sendiri. Peneliti memilih kelas 2 KMI sebagai objek penelitian karena kelas 2 KMI adalah angkatan pertama yang mempelajari materi insya’ dan siswi kelas 2 KMI telah mempelajari durusul lughoh al-‘arobiyyah jilid 1. Dengan demikian apa yang telah mereka pelajari seharusnya mempunyai pengaruh kepada siswi kelas 2 KMI dengan dapat menulis materi insya’ dengan baik, baik dari segi penyusunan kata ataupun pemilihan kata. Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah untuk: 1) mengetahui kemampuan siswi kelas 2 KMI dalam latihan menulis insya’ usbu’i; 2) mengetahui kemampuan siswi kelas 2 KMI dalam peningkatan kemampuan belajar insya’; 3) mengetahui adanya pengaruh insya’ usbu’i dalam peningkatan kemampuan belajar insya’ siswi kelas 2 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur indonesia tahun ajaran 1437-1438 H. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian berikut: studi kuantitatif dan studi korelasi, sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah metode regresi untuk mengetahui adanya pengaruh antar dependen dan independen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas 2 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 yang berjumlah 462 siswi. Dan sampel yang digunakan adalah 20% dengan jumlah 91 siswi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa standar kemampuan siswi kelas 2 KMI dalam insya’ yaumi adalah mutawassith (sedang) dengan nilai 6,47 dan standar kemampuan siswi kelas 2 KMI dalam pelajaran insya’ adalah ‘aliyah (tinggi) dengan nilai 39,26. Dengan menggunakan SPSS diketahui bahwa nilai F hitung = 107,534 dan F table = 3,948. Sesuai dengan rumus regresi bahwa apabila F hitung > F table, dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka hipotesis alternatifnya diterima (Alternative hypothesi/ Ha). Dependen mempunyai pengaruh terhadap independen sebesar 54,7% sedangkan 45,35% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada Direktur Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah dan staf pembantunya untuk lebih menerapkan metode penulsan dalam insya’ yaumi serta dibantu oleh seluruh wali kelas dalam mengoreksi buku insya’ yaumi siswi. Dan peneliti berharap kepada pembahas yang akan datang untuk melengkapi dan mendalami lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 490 - Bahasa-bahasa lain > 490 Bahasa-bahasa lain
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 02 Nov 2020 08:16
Last Modified: 24 Aug 2023 03:16
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item