Thesis Published

تصميم الكتاب المصاحب في علم البديع لترقية نتيجة تعلم طالبات الفصل السادس G-L بكلية المعلمات الإسلامية معهد دارالسلام كونتور الحرم الثاني للبنات للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي 1443 /44 14

Mudawamah, Ladzatul
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor sudah mulai memperhatikan terhadap pembelajaran Bahasa Arab dari awal hingga kini. Bahsa Arab adalah system yang mengkhususkan diri pda pilihan kata, kosa kata, metode dan ucapan. Ucapan pada ilmu Balaghoh yang merupakan salah satu bukti yang menunjukkan kefasihan seseorang dalam berbicara. Namun, Balaghoh masih mengalami kesulitan dalam pengajaran dan pembelajarannya. Kesulitan-kesulitan ini direpresentasikan dalam proses belajar mengajar terhadap guru dan siswa. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti merancang buku pendamping untuk pelajaran Ilmu Badi’ untuk kelas 6 G-L di Kulliyatul Mu’alimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apa spesifikasi buku pendamping untuk pelajaran Ilmu Badi’ untuk kelas 6 G-L di Kulliyatul Mu’alimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2?”, “Bagaimana keabsahan buku pendamping untuk pelajaran Ilmu Badi’ untuk kelas 6 G-L di Kulliyatul Mu’alimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2?”, “apakah buku pendamping untuk pelajaran Ilmu Badi’ efektif untuk meningkatkan nilai belajar kelas 6 G-L di Kulliyatul Mu’alimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas spesifikasi, validitas, dan efektivitas buku pendamping untuk pelajaran Ilmu Badi’ untuk meningkatkan nilai belajar kelas 6 G-L di Kulliyatul Mu’alimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 tahun ajaran 1443/1444. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan teori Borg & Gall. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Wawancara, Tes, Kuesioner, dan Dokumentasi. Dan untuk menganalisa data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan rumus Mann Whitney. Salah satu hasil yang paling penting dari penelitian ini adalah bahwa materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar santri kelas enam datang dalam bentuk buku dan bahwa buku ini berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar santri kelas enam, karena nilai hasil post-test mereka untuk kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan dengan skor hasil kelompok kontrol. Selain itu, hasil angket memperkuat hasil penelitian dan membuktikan bahwa buku pendamping ini menarik dan disukai oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini sebelumnya, peneliti berharap kepada seluruh guru Balaghoh untuk mempelajari materi retorika dan bahasa Arab selain dari apa yang peneliti siapkan agar memiliki pengetahuan dan informasi yang lebih banyak dan lebih luas sehingga buku yang menyertainya dapat diterapkan pada materi lainnya.
Publication Details
InstitutionUNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
DepartmentPASCASARJANA PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Item ID3288
Deposited08 Sep 2024 03:44
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics