Thesis
Published
فعالية طريقة scramble في تعليم مفردات اللغة العربية للفصل السابع A بالمدرسة الثانوية الحكومية الخامسة بارون نجاوي جاوة الشرقية العام الدراسي ۲۰۲۲ - ۲۰۲۳
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran wajib yang ditetapkan dari Kementrian
Agama Republic Indonesia bagi madrasah – madrasah di Indonesia. Dalam mempelajari
bahasa arab, ada hal yang harus diperhatikan dari aspek keterampilan berbahasa yaitu
dalam penguasaan kosakata bahasa arab. salah satu diantara unsur bahasa arab yang harus
dikuasai oleh pembelajar khususnya bagi pemula adalah untuk memperoleh kemahiran
berkomunikasi dan memahami arti bahasa arab yaitu dengan mempelajari kosakat (
mufrodat). berkaitan dengan pembelajaran kosakata untuk saat ini membutuhkan metode
atau strategi dalam pelaksanaannya.dikutip dari Sarinah Hardjono menyatakan bahwa
dari semua aspek bahasa asing yang dianggap paling penting dan harus dikuasai peserta
didik dalam proses belajar mengajar bahasa asing adalah aspek kosakata.Oleh karena
itu mempelajari kosakata bahasa arab sangat membutuhkan metode yang cocok dan
menarik bagi pembelajar. Maka dari itu penguasaan kosakata menjadi hal terpenting untuk
memperoleh kemahiran berkomunikasi.oleh sebab itu peneliti mencoba memberikan
inovasi berupa metode pembelajaran Scramble dalam memahami kosakata Bahasa Arab
Peneliti ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui nilai pre-test kelompok eksperimen
dan kelompok control pada pelajaran bahasa Arab, (2) Untuk mengetahui nilai post-test
kelompok eksperimen dan kelompok control pada pelajaran bahasa Arab, (3) Untuk
mengetahui keefektivitasan metode dalam memahami kosakata Bahasa Arab siswa kelas
VII MTSN 5 Ngawi tahun ajaran 2022-2023Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
metode Kuantitatif eksperimen dengan desain Penelitian Quasi Eksperimental , dikarenakan
peneliti kesulitan dalam menemukan kelompok control, dengan pendekatan Nonequivalent
Control Group Design yang memiliki kesamaan dengan Pretest-Posttest Control Group
Design, hanya saja pemilihan kelompok eksperimen maupun kelompok control tidak
dipilih secara random. Sample yang diambil oleh peneliti ialah sample jenuh dimana semua
populasi akan dijadikan sebagai sample dikarenakan jumlah populasi yang sedikit. Dalam
pengumpulan data, peneliti menggunakan tes dan dokumentasi, sedangkan dalam analisis
data peneliti menggunakan SPSS 16 melalui uji Interpretasi: Berdasarkan signifikasi tes
homogenitas menunjukkan angka 0.349 (p > 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa varian
data diatas adalah sama atau homogen. Sehingga homogenitas dalam uji one way anova
terpenuhi. Berdasarkan output anova di atas, diketahui bahwa nilai signifikasinya 0.000 <
0.05 maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata data di atas berbeda secara signifikan.
Dengan penelitian ini, disimpulkan bahwa (1) Berdasarkan tingkat kepentingan
uji homogenitas yang menunjukkan angka 0,349 lebih besar dari 0,05 maka dapat
disimpulkan bahwa varians dari data di atas adalah sama atau homogen. Sehingga tercapai
homogenitas dalam pemilihan Anova. (2) Berdasarkan uji Anova di atas diketahui bahwa
nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa mean
dari data di atas sangat bervariasi. Berdasarkan output selanjutnya yang homogen, dapat
disimpulkan bahwa semua variabel memiliki signifikansi yang berbeda. Berdasarkan hasil
penelitian dan dengan hasil uji yang valid, peneliti menyarankan bahwasannya metode
scramble dapat digunakan di berbagai instansi pendidikan sebagai pembelajarab Bahasa
arab yang efektif dan menyenangkan .
Publication Details
InstitutionUNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
DepartmentPENDIDIKAN BAHASA ARAB
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 490 - Bahasa-bahasa lain > 490 Bahasa-bahasa lain
L Education > LB Theory and practice of education
23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 490 - Bahasa-bahasa lain > 490 Bahasa-bahasa lain
L Education > LB Theory and practice of education
KeywordsScramble, Bahasa Arab, Metode Pembelaajaran
Item ID3396
Deposited14 Oct 2024 02:57