AZIZAH, EKA (2024) تطبيق وسائل التعليم (Educandy) لتحسين نشاط الطالبة و نتائج التعلم في مادة التربية الإسلامية للطلاب الفصل الخامس B في المدرسة الابتدائية محمدية سوكارجو العام الدراسي 2025-2024 م. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITY OF DARUSSALAM GONTOR.
Abstract
Hasil belajar siswa adalah perubahan yang terdapat pada tingkah laku dan pencapaian belajar siswa yang sesuai dengan tujuan pembelajaran setelah mengalami proses belajar mengajar. Hasil belajar memiliki peranan penting sebagai alat ukur atas pencapaian tujuan dari kegiatan pembelajaran. Namun, masih ditemukan materi yang tergolong di bawah rata-rata atau di bawah KKM salah satunya materi Pendidikan Agama Islam. Dikarenakan pembelajaran yang terkesan monoton sehingga terdapat sebagian siswa yang tidak fokus serta kurang adanya perhatian dari diri siswa ketika pelajaran dan siswa sulit memahami pelajaran sehingga hasil belajar yang selalu menurun. Berdasarkan hasil observasi dari guru pengajar materi Pendidikan Agama Islam, kelas 5 SD Muhammadyah nilai ujian akhir tahun kelas 5B 2024/2025 memiliki rata-rata 6,56. Maka dari hasil observasi tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwasanya pada materi Pendidikan Agama Islam mengalami penurunan sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswi melalui penggunaan media Educandy pada materi PAI di kelas 5B SD Muhammadyah Sukorejo Jawa Tengah tahun ajaran 2024/2025 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswi melalui penggunaan media Educandy pada materi PAI di kelas 5B SD Muhammadyah Sukorejo Jawa Tengah tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Diterapkan di kelas 5B yang berjumlah 27 siswa di SD Muhammadyah Sukorejo.. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Penerapan media Educandy dinilai dapat meningkatkan keaktifan belaja PAI kelas 5B SD Muhammadyah Sukorejo Jawa Tengah. (2) Penerapan strategi pembelajaran media Educandy dinilai dapat meningkatkan hasil belajar PAI yaitu rata-rata hasil belajar siklus pertama 7.00 dan meningkat rata-rata hasil belajar pada siklus kedua 8,67 . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti mengenai pembelajaran Educandy untuk meningkatkan hasil belajar dan kesemangatan belajar PAI kelas 5B maka saran peneliti adalah untuk siswa agar lebih memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi di setiap pelajaran. Dan diharapkan bagi guru untuk dapat menggunakan media pembelajaran educandy dalam proses pembelajaran agar pembelajaran dapat bervariasi dan tidak terpaku pada satu metode atau strategi saja. Dan untuk peneliti selanjutnya adalah agar bisa mengembangkan metodologi, dan memperluas ruang lingkup penelitian dan menjadi lebih baik dari kami.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > NE Print media |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eka azizah |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 14:30 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 14:30 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3700 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |