Matbubah, Rifa Atul (2024) فعالية تطبيق الوسائط التعليمية Quizlet لترقية نتائج تعلم الطالبات في مادة اللغة العربية للصف الثالث في معهد دار السلام راجافولاح تاسيك مالايا العام الدراسي 2024/2025 م. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
Abstract
Hasil belajar Bahasa Arab merupakan hasil dari kegiatan belajar Bahasa Arab berupa pemahaman siswa terhadap materi-materi yang telah ditentukan sesuai tujuan pembelajaran, dengan kemampuan menguasai kosa-kata khususnya dalam materi al-adad wal ma’dud sehingga bisa menyusun nya dalam suatu kalimat dengan baik. Proses pembelajaran yang ditinjau oleh peneliti di Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya kemampuan siswa belum tercermin pada nilai yang didapatkan, dengan nilai rendah dengan rata-rata 58,54% dari rata-rata 60% dan suasana kelas yang kurang kondusif. Maka, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memutuskan menggunakan media pembelajaran interaktif Quizlet dalam proses pemelajaran Bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunan media pembelajaran Quizlet terhadap hasil belajar Bahasa Arab kelas 3 Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-eksperimen dengan pendekatan Quasi Eksperimen menggunakan nonequivalent Control group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 putri Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya, dengan jumlah siswa sebanyak 75 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian total sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes untuk mendapatkan data hasil belajar siswa, dan metode dokumentasi untuk mendapatkan data tentang tempat penelitian. Adapun analisis data menggunakan rumus rata-rata, product moment pearson correlation dan independent sample t-test dengan SPSS 22. Dari penelitian ini disimpulkan: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Quizlet, dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 79,06 lebih besar dari kelompok siswa dengan menggunakan metode ceramah yaitu sebesar 72,16. Maka media pembelajaran bahasa Arab terbukti efektif pada hasil belajar bahasa arab siswa dengan nilai perolehan rumus test sebesar sig (-2 Tailed) 0.008 < 0.05. Berdasarkan kesimpulan, peneliti mengajukan beberapa saran: (1) menjadikan media pembelajaran Quizlet sebagai salah satu alternative penilaian khususnya pada mata Pelajaran Bahasa Arab dengan memperhatikan kesesuaian materi dan indikator pembelajaran. (2) dijadikan sebagai sarana atau pertimbangan dalam melaksanakan proses pembelajaran demi meningkatkan mutu para pendidik dan siswa.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi : Rifa Atul Matbubah NIM : 422021128109 |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Quizlet, Hasil Belajar, Bahasa Arab. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 45 Rifa Atul Matbubah |
Date Deposited: | 21 Dec 2024 04:45 |
Last Modified: | 21 Dec 2024 04:45 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4800 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |