Nisa, Nabila Khoyrun (2025) Penerapan media pembelajaran LISTNET brbasis permainan ludo untuk memperbaiki keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran SKI kelas 5 di MIN 14 Ngawi. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (COVER)
Cover dan ucapan_Nabila Khoyrun Nisa(1-14).pdf - Submitted Version License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
![]() |
FILE TEXT (ABSTRAK)
Abstrak_Nabila Khoyrun Nisa (6-7).pdf - Submitted Version License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
![]() |
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
Daftar Isi_Nabila Khoyrun Nisa (15-19).pdf - Submitted Version License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (961kB) |
![]() |
FILE TEXT (BAB 1)
BAB 1 _Nabila Khoyrun Nisa (21-28).pdf - Submitted Version License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
![]() |
FILE TEXT (BAB 2)
BAB 2_Nabila Khoyrun Nisa (29-43).pdf - Submitted Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
![]() |
FILE TEXT (BAB 3)
BAB 3_Nabila Khoyrun Nisa(44-55).pdf - Submitted Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
![]() |
FILE TEXT (BAB 4)
BAB 4_Nabila Khoyrun Nisa(56-95).pdf - Submitted Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
![]() |
FILE TEXT (BAB 5)
BAB 5_Nabila Khoyrun Nisa (96-97).pdf - Submitted Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (998kB) |
![]() |
FILE TEXT (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Nabila Khoyrun Nisa (98-101).pdf - Submitted Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (988kB) |
Abstract
ABSTRAK Implementasi Media Pembelajaran LISTNET Berbasis Permainan LUDO Terhadap Kesemangatan Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyyah Negri 14 Ngawi Tahun ajaran 2024-2025. Nabila Khoyrun Nisa 422021118102 Berdasarkan observasi penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V MIN 14 Ngawi mengalami rendahnya hasil belajar pada materi Sejarah Kebudayaan Islam. Ini terlihat dari beberapa hasil nilai siswa yang belum mencapai KKM sebesar 75 untuk mata pelajaran SKI. Salah satu penyebab dalam rendahnya hasil belajar Siswa pada materi SKI yaitu guru tidak memberikan kesempatan kepada siswi untuk berfikir secara mendalam karena pengunaan metode pembelajaran ceramah yang cukup mendominasi. Penelitian ini bertujuan : Untuk meningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dari penerapan Media Pembelajaraan LIST- NET berbasisi permainan LUDO di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 Ngawi. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan model kemmis dan Mc Taggart dan dilakukan dalam dua siklus. setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 dengan instrument penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penerapan Media pembelajaraan LIST-NET berbasis permainan LUDO terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam mata pelajaran SKI. Nilai siswa pada materi SKI sebelum silkus 1 dan 2 mencapai 45%. Adapun presentase peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 85% dan pada silkus 2 menjadi 95% menunjukan presentase peningkatan hasil belajar dari sebelum siklus ke siklus 1 mencapai 40% dan peningkatan hasil belajar sisiwa dari siklus1 ke siklus 2 mencapai 10%. Hasil nilai keaktifan siswa pada siklus 1 mencapai 76 %, dan meningkat pada siklus 2 hingga 78 %, menunjukkan adanya peningkatan sebesar 2 %. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran: (1) Bagi guru disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran LIST-NET berbasis Permainan LUDO, karena terbukti efektif meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajarnya khususnya pada mata pelajaran SKI (2) Bagi Peneliti untuk mengunakan media Pembelajaran LISTNET berbasis permainan LUDO dengan lebih mendalam. (3) Bagi sekolah untuk menerapkan media, strategi, model yang tepat dalam membantu proses pembelajaran. (4) Bagi siswa untuk lebih semangat dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran LISTNET berbasis Permainan LUDO, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi: Nabila Khoyrun Nisa NIM: 422021118102 |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran LISTNET berbasis Permainan LUDO, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2025 Nabila Nisa |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 06:29 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5222 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |