HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN BERORGANISASI SISWI KELAS 6 PENGURUS ORGANISASI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 1 DI SAMBIREJOMANTINGAN NGAWITAHUN AJARAN: 1437-1438 H

Dewi, Mutiara (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN BERORGANISASI SISWI KELAS 6 PENGURUS ORGANISASI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 1 DI SAMBIREJOMANTINGAN NGAWITAHUN AJARAN: 1437-1438 H. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
341111348-full skrpisi mutiara dewi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Organisasi merupakan pengkoordinir perilaku antara manusia agar mengarah kepada tujuan. Hal yang harusnya terdapat pada sebuah organisasi adalah adanya tujuan tertentu, sekelompok manusia yang bisa berhubungan baik antara satu dengan yang lainnya, penentuan penanggung jawab di dalam organisasi, dan hubungan diantaranya menuju kepada tujuan tertentu sesuai dengan kemampuan khusus dari setiap mereka. dengan begitu salah satu dari unsur penting di dalam sebuah organisasi adalah manusia. Manusia merupakan sumber daya yang mampu menggerakkan manusia yang lainnya dan mampu berdiri diatas. sama hal nya dengan organisasi pelajar di pondok modern Darussalam Gontor Putri 1 yang diteliti oleh peneliti. Setelah diteliti, di dalam organisasi tersebut ditemukan acara yang disebut dengan reformasi atau pengulangan penyusunan struktur bagi anggota organisasi. Dan penyebabnya adalah anggota yang belum mampu menempati posisinya sebagai bagian dari organisasi baik dikarenakan adanyasebab atau halangan baik maupun kurang baik yaitu tidak mampu menjadikan diri sebagai contoh yang baik di organisasi. Maka peneliti menyimpulkan untuk sementara bahwa kecerdasan emotional mereka rendah. Dan sesuai dengan tulisan Goleman bahwa kesuksesan sebuah organisasi 20 % berdasarkan kecerdasan intelektual dan 80 % lagi berdasarkan hal yang lain dan di dalamnya kecerdasan emosional. Kecerdasan emotional terdiri dari kesadaran diri, pengaturan diri, emphati dan kemampuan berhubungan baik dengan masyarakat. Maka dari itu peneliti ingin meneliti hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kecerdasan emosional siswi kelas 6 pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 tahun ajaran 1437-1438 H. 2) kemampuanberorganisasi sisiwi kelas 6 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 tahun ajaran 1437-1438 H. 3) Ada atau tidak ada hubungan Kecerdasan emosional dengan kemampuan berorganisasi siswi kelas 6 pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 tahun ajaran 1437-1438 H.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan peneliti menggunakan populasi dari siswi kelas 6 pengurus Organisasi Pelajar sebanyak 212 orang. Lalu peneliti mengambil sampel sebanyak 30 % menjadi 64 orang. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data peneliti mengunakan rumus Mean atau rata-rata nilai untuk setiap variabel dan rumus korelasi product moment dengan taraf signifikan 5 % dengan angka bebas 62 orang untuk mengetahui hubungan antar kedua variable. Hasil dari penelitian ini adalah :1)Kecerdasan emosional siswi kelas 6 pengurus Organisasi Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, tahun ajaran 1437-1438 H “ Sedang” dengan hasil rata-rata 42,06 sesuai dengan rentangan nilai sedang yaitu : 29-43.2) kemampuan berorganisasi siswi kelas 6 pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 “ Sedang” dikarenakan hasil rata-rata 43 sesuai dengan rentangan nilai sedang yaitu : 29-43. 3)adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan berorganisasi siswi kelas 6 Pengurus Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 dikarenakan nilai rxy 0,616 lebih besar dari r table 5% yaitu 0,233.Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan beberapa saran, yang diharapkan bisa memberikan manfaat dan faedah, yaitu : 1) kepada pembimbing pengurus organisasi untuk memperhatikan kecerdasan emosional siswi kelas 6 pengurus organisasi, guna menjaga visi dan misi organisasi dan mensukseskan tujuan organisasi. 2) dengan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan kemampuan berorganisasi maka bagi siswi kelas 6 pengurus organisasi pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, dan pengurus setelahnya agar mampu menyelaraskan dan menggunakan kedua factor diatas, berusaha meningkatkan organisasi pelajar pondok modern Darussalam gontor Putri 1. 3) kepada peneliti selanjutnya agar bisa membahas hal yang bersangkutan dengan judul peneliti dengan lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 07:57
Last Modified: 03 Nov 2020 07:57
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item