Huda, Miftahul (2022) فعالية التعليم الإشتراكي على نتائج التعلم لطلاب الفصل الثالث بكلية المعلمين الإسلامية في مادة التاريخ الإسلامي بمعهد الرسالة العصري غونديك سلاهونج فونوروكو العام الدراسي ١٤٤٢ - ١٤٤٣ / ٢٠٢١-٢٠٢٢. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
Abstract
Metode Pembelajaran Partisipatif merupakan model pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dengan Metode Pembelajaran Partisipatif peneliti akan mencoba menggunakan perubahan metode pembelajaran untuk menciptakan kegiatan pembelajaran agar siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan secara mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, serta efektivitas metode pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar santri kelas 3 KMI pada mata pelajaran tarikh islam di Pondok Modern Arrisalah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola random control group pretest-postest. Desain penelitian diawali dengan observasi awal dan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan, perlakuan yang diberikan adalah penerapan metode pembelajaran partisipatif pada kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa metode pembelajaran partisipatif pada kelas kontrol, pada mata pelajaran tarikh islam, kemudian dilanjutkan dengan observasi akhir dan postest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Peneliti menyimpulkan bahwa metode pembelajaran partisipatif merupakan metode yang tepat digunakan untuk meningkatkan keaktifan kognitif, afektif dan psikomotorik pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian, membuktikan adanya perbedaan partisipasi belajar dan hasil belajar yang cukup signifikan pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki kesamaan pada total poin partisipasi yaitu 486 atau setara dengan 67% dari total poin yang seharusnya 720. Menurut uji T pada hasil belajar kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan uji independent sample T-Test diperoleh Thitung = 4,69 dengan taraf signifikansi sebesar 5% pada Ttable sebesar 2,02. Karena Thitung > Ttable dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas 3 KMI pada mata pelajaran tarikh islam. Dari hasil tersebut maka disarankan perlunya memperhatikan keadaan siswa dan mengikutsertakan siswa pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Metode Pembelajaran Partisipatif, Hasil Belajar, Kelompok Ekperimen, Kelompok Kontrol. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Alfian Kharis |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:45 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:45 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3410 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |