Ilmi, Cholivea (2024) تنفيذ طريقة الحوار لترقية نتائج تعلّم في مادة اللغة العربية لطالبات الصف السابع في المدرسة الثانوية أمّ القرّاء بويولالي العام الدراسي 2023-2024. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
Abstract
ABSTRAK Penerapan Metode Hiwar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Bahasa Arab di MTs Ummul Qurrok Tahun Ajaran 2023/2024 Cholivea Ilmi Balesta 422021123137 Sekolah Menengah Pertama Ummul Qurrok Solo merupakan lembaga pendidikan swasta yang berasaskan pondok berasrama dan menggunakan system kurikulum Kulliatul Mualimat. Selain materi umum, SMP Ummul Qurrok Solo juga mengajarkan materi bahasa Arab kepada para siswa dengan menggunakan bahan ajar LKS (Lembar Kerja Siswa). Namun, dalam proses belajar mengajar terdapat beberapa masalah yang ditemukan, seperti terdapat siswa yang kurang bersemangat, tidak dapat mengikuti pelajaran, tidak dapat mengulang materi yang diajarkan dan mengantuk salama proses belajar mengajar berlangsung, dimana hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa yang masih rendah dan tidak memenuhi standar KKM. Dalam hal ini guru menggunakan metode yang kurang menarik yaitu metote tarjamah sehingga tingkat keberhasilan dalam materi ini kurang dan menyebabkan nilai kurang dari KKM. Berdasarkan latar belakang di atas secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah penerapan metode hiwar dapat meningkatkan semangat belajar siswa kelas VII SMP Ummul Qurrok pada materi Bahasa Arab?, 2) Apakah penerapan metode Hiwar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Ummul Qurrok pada materi Bahasa Arab? Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) untuk mengetahui peningkatan kesemangatan dan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Arab. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 21 orang. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diambil melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode Hiwar dalam pembelajaran Bahasa Arab dapat meningkatkan keaktifan siswa, pada siklus pertama keaktifan siswa mencapai 63% yang kemudian meningkat pada siklus kedua menjadi 94% dari 21 siswa. 2) Penerapan metode Hiwar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus pertama mencapai 85,7% dengan nilai rata-rata 80,9, kemudian meningkat pada siklus kedua mencapai 100% dengan nilai rata-rata 88,5 dari 21 siswa. Maka berdasarkan hasil penelitian diatas peneliti memberikan saran yaitu: 1) bagi siswa agar memperhatikan lebih baik penjelasan dari guru selama proses pembelajaran Bahasa Arab berlangsung, dan lebih bersemangat agar mudah dalam memahami materi yang diajarkan. 2) bagi guru agar dapat menggunakan metode hiwar dalam pembelajaran Bahasa Arab. 3) kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menambah wawasan dan referensi untuk mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan, Metode Hiwar, Pembelajaran Bahasa Arab
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI : CHOLIVEA ILMI BALESTA NIM: 422021123137 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keaktifan, Metode Hiwar, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Cholivea Ilmi Balesta |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 14:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 14:03 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3487 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |