Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تنفيذ طريقة التعليم “Broken Square” لتحسين نتائج التعلم في مادة اللغة العربية لطلاب الصف الرابع بالمدرسة الابتدائية مصباح الهداية سيتوبوندوا العام الدراسي 2024/2025 م

Rahmawati, Fitra Awalia and Qanitan, Nisa (2024) تنفيذ طريقة التعليم “Broken Square” لتحسين نتائج التعلم في مادة اللغة العربية لطلاب الصف الرابع بالمدرسة الابتدائية مصباح الهداية سيتوبوندوا العام الدراسي 2024/2025 م. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (cover)
COVER.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (528kB)
[img] FILE TEXT (daftar isi)
DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (445kB)
[img] FILE TEXT (bab 1)
BAB 1.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (609kB)
[img] FILE TEXT (bab 2)
BAB 2.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (671kB)
[img] FILE TEXT (bab 3)
BAB 3.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (712kB)
[img] FILE TEXT (bab 4)
BAB 4.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)
[img] FILE TEXT (bab 5)
BAB 5.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (434kB)
[img] FILE TEXT (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (565kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab merupakan suatu urgensi dalam ruang lingkup pendidikan Islam yang bertujuan untuk memahami ilmu agama secara mendalam, oleh karena itu guru harus lebih selektif dalam memilih metode pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Pada Hasil observasi yang dilakukan peneliti tampaknya terdapat masalah dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas 4 yaitu metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang relevan dengan kondisi kelas yang menggunakan metode ceramah sehingga anak cenderung malas berfikir, mengantuk dan juga sebagian siswa bermain sendiri saat proses pembelajaran berlangsung. Dan terlihat dari hasil wawancara dengan guru bahasa arab MI Misbahul Hidayah terdapat 11 siswa yang memperoleh nilai dibawah standar KKM “65” dari 17 siswa. Melihat psikologi siswa MI yang kecenderungan belajar menggunakan model bermain, peneliti memberikan solusi dengan menerapkan metode pembelajaran Broken Square karena dalam metode ini dapat memanfaatkan kecenderungan siswa dalam bermain sehingga bermanfaat dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa dan menciptakan proses pembelajaran yang interaktif dan inovatif, dengan tujuan sebagai berikut:1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 dalam mata pelajaran Bahasa Arab dengan penerapan metode Broken Square di MI Misbahul hidayah Situbondo 2) untuk meningkatkan Keaktifan belajar siswa kelas 4 dalam mata pelajaran bahasa Arab dengan penerapan metode Broken Square di MI Misbahul Hidayah Situbondo. Peneliti menggunakan metode penelitian Tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model penelitian Tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kurt Lewin pada model ini terdapat 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada 4 yaitu 1) Observasi 2) Pengamatan 3) Tes 4) Dokumen tertulis, dan Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus analisis data kesemangatan belajar siswa dan rumus analisis data hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah murid kelas 4 MI Misbahul Hidayah Situbondo. Materi yang akan diajarkan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Mata Pelajaran Bahasa Arab. Hasil penelitian: 1) Untuk hasil belajar pada siklus pertama 11 murid yang lulus KKM dari 17 murid dengan presentase 65% dan rata-rata nilai 69,23. Pada siklus kedua terdapat 16 murid yang lulus KKM dari 17 murid dengan presentase 94% dan rata-rata nilai 83,29. Terdapat peningkatan presentanse yaitu 24% dan rata-rata nilai 14,06. 2) Untuk keaktifan belajar siswa pada siklus pertama mencapai presentase 76% dengan rata-rata nilai 38,11, sedangkan pada siklus kedua mencapai presentase 100% dengan rata-rata nilai 42,29. Kenaikan presentase keaktifan belajar siswa yaitu 24% dan kenaikan rata-rata nilai keaktifan belajar siswa sebanyak 4,18. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran Broken Square efektif dalam mengatasi permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di MI Misbahul hidayah Situbondo, khususnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan juga Keaktifan belajar siswa dalam Proses pembelajaran Bahasa Arab. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan juga kontribusi dalam bidang Pendidikan pada umumnya, dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber maupun refrensi yang terkait dengan metode pembelajaran sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran di dalam kelas yang menyenangkan bagi peserta didik

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Additional Information: Skripsi : Nisa qanitan NIM : 422021128094
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Broken Square, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 45 Nisa Qanitan
Date Deposited: 20 Dec 2024 13:02
Last Modified: 20 Dec 2024 13:02
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4778

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item