Thesis
Published
فعالية التعليم الإشتراكي على نتائج التعلم لطلاب الفصل الثالث بكلية المعلمين الإسلامية في مادة التاريخ الإسلامي بمعهد الرسالة العصري غونديك سلاهونج فونوروكو العام الدراسي ١٤٤٢ - ١٤٤٣ / ٢٠٢١-٢٠٢٢
Abstract
Metode Pembelajaran Partisipatif merupakan model pembelajaran dengan melibatkan
peserta didik secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.
Dengan Metode Pembelajaran Partisipatif peneliti akan mencoba menggunakan perubahan
metode pembelajaran untuk menciptakan kegiatan pembelajaran agar siswa menjadi lebih
aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan
secara mudah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol, serta efektivitas metode pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar
santri kelas 3 KMI pada mata pelajaran tarikh islam di Pondok Modern Arrisalah.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola random control
group pretest-postest. Desain penelitian diawali dengan observasi awal dan pemberian
pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian
perlakuan, perlakuan yang diberikan adalah penerapan metode pembelajaran partisipatif
pada kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa metode pembelajaran partisipatif pada
kelas kontrol, pada mata pelajaran tarikh islam, kemudian dilanjutkan dengan observasi
akhir dan postest untuk mengetahui hasil akhir penelitian.
Peneliti menyimpulkan bahwa metode pembelajaran partisipatif merupakan metode
yang tepat digunakan untuk meningkatkan keaktifan kognitif, afektif dan psikomotorik
pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian, membuktikan adanya perbedaan partisipasi
belajar dan hasil belajar yang cukup signifikan pada kelompok ekperimen dan kelompok
kontrol. Pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki kesamaan pada total
poin partisipasi yaitu 486 atau setara dengan 67% dari total poin yang seharusnya 720.
Menurut uji T pada hasil belajar kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan uji
independent sample T-Test diperoleh Thitung = 4,69 dengan taraf signifikansi sebesar 5%
pada Ttable sebesar 2,02. Karena Thitung > Ttable dengan demikian Ho ditolak dan Ha
diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil
belajar siswa kelas 3 KMI pada mata pelajaran tarikh islam.
Dari hasil tersebut maka disarankan perlunya memperhatikan keadaan siswa dan
mengikutsertakan siswa pada proses pembelajaran.
Publication Details
InstitutionUNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
DepartmentPENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KeywordsEfektifitas, Metode Pembelajaran Partisipatif, Hasil Belajar, Kelompok
Ekperimen, Kelompok Kontrol.
Item ID3410
Deposited15 Oct 2024 02:45