Purnama, Ahmad Dika (2025) تأثير رغبة تعلم اللغة العربية على نتائج اختبارات اللغة العربية لطلبة الفصل الدراسيّ الثامن في جامعة دار السلام كونتور 2024 – 2025 م / 1445 – 1446 هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
Abstract
Universitas Darussalam Gontor menepati posisi yang sangat strategis dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab. Hal ini tercerminkan dengan adanya program studi pendidikan Bahasa Arab dan Direktorat Pengembangan Bahasa untuk mengembangkan pembelajaran Bahasa Arab. Penguasaan bahasa ini menjadi salah satu standar keberhasilan studi, terutama bagi mahasiswa semester delapan yang diharapkan memiliki kemampuan bahasa Arab yang memadai. Mahasiswa semester delapan di Universitas Darussalam Gontor menghadapi berbagai tantangan akademik, salah satunya adalah ujian Bahasa Arab dengan minimal pencapaian nilai skor lima yang wajib dilaksanakan sebagai syarat kelulusan dan pelaksanaan sidang skripsi. Penelitian ini bertujuan secara umum yaitu untuk menganalisis pengaruh minat belajar Bahasa Arab terhadap hasil ujian Bahasa Arab mahasiswa semester delapan Universitas Darussalam Gontor tahun akademik 2024-2025 M / 1445-1446 H. Minat belajar bahasa Arab memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan hasil ujian Bahasa Arab. Hasil ujian Bahasa Arab menunjukkan nilai yang beragam yaitu beberapa mahasiswa memperoleh hasil ujian Bahasa Arab yang memuaskan, sementara mahasiswa yang lain belum mencapai hasil yang diharapkan. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti apakah terdapat pengaruh antara minat belajar Bahasa Arab terhadap hasil ujian Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan dan pengaruh antara dua variabel, yaitu variabel independent berupa minat belajar Bahasa Arab dan variabel dependen berupa hasil ujian Bahasa Arab. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua teknik utama yaitu dokumentasi berupa hasil ujian Bahasa Arab dan Kuesioner minat belajar Bahasa Arab. teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik uji korelasi Spermen untuk data yang tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian berdasarkan uji korelasi Spearman pada Tabel 4.32 menunjukkan bahwa nilai p-value lebih kecil dari 0,05. Hal ini mengindikasikan adanya pengaruh antara minat belajar Bahasa Arab terhadap hasil ujian Bahasa Arab mahasiswa semester delapan Universitas Darussalam Gontor. Namun, tingkat pengaruh tersebut tergolong rendah, sesuai dengan kriteria Guilford, dengan nilai Spearman’s rho sebesar 0,375. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak semua mahasiswa semester delapan yang memiliki minat belajar Bahasa Arab yang tinggi meraih hasil ujian yang tinggi, dan sebaliknya, tidak semua mahasiswa dengan minat belajar rendah mendapatkan hasil ujian yang rendah. Kesimpulannya, semakin tinggi minat belajar Bahasa Arab, semakin tinggi pula kemungkinan hasil ujian Bahasa Arab, demikian pula sebaliknya semakin rendah minat belajar Bahasa Arab, semakin rendah pula hasil ujian Bahasa Arab mahasiswa. Peneliti menyarankan studi lanjutan untuk menggali indikator minat belajar lebih mendalam dengan metode seperti wawancara langsung.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi : Ahmad Dika Purnama Nim : 422021121008 |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab, Hasil Ujian, Minat Belajar, Universitas Darussalam Gontor |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 409 Pengelolaan bahasa berhubungan dengan aspek geografis dan biografi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2021 Ahmad Dika Purnama |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 14:10 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 14:10 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5307 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |