Putri, Windi Zesilva Menita (2025) تنفيذ استراتيجية التعليم Scramble لتزويد نشاط التعلم ولتحسين نتائج التعلم لمادة الفقه لطلاب الفصل الثامن بمعهد أولي الألباب نجاوي جاوى الشرقية العام الدراسي 2024 - 2025 م. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
Abstract
Fiqh merupakan sebuah pelajaran yang menjelaskan hukum-hukum agama Islam, sehingga nantinya akan memahami dasar-dasar hukum agama Islam dan dapat mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai aturan-aturan yang telah ditentukan dalam agama Islam. Strategi pembelajaran adalah sebuah kegiatan inovatif serta menarik dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kesemangatan dan keaktifan peserta didik. Alasan menggunakan strategi pembelajaran pada kelas 8 Pondok Pesantren Ulil Albab Ngawi Jawa Timur adalah karena strategi pembelajaran ini belum diterapkan di kelas ini khususnya, maka dari itu dengan menggunakan strategi pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan dan memperbaiki nilai peserta diduk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan strategi scramble untuk meningkatkan keaktifan pada materi fiqh kelas 8 PP Ulil Albab, Jawa Timur Tahun 2024-2025 M, 2) Bagaimana penerapan strategi scramble untuk memperbaiki hasil belajar pada materi fiqh kelas 8 PP Ulil Albab, Jawa Timur Tahun 2024-2025 M Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis and Mc. Taggart yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Adapun hasil penelitian pada strategi pembelajaran Scramble dinilai dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan persentase 53,89% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 69,68% di siklus kedua. Begitu pula terdapat perbaikan hasil belajar dengan persentase 36,84% dengan jumlah 7 siswa lulus diatas KKM di siklus pertama dan meningkat menjadi 100% dengan jumlah 19 siswa yang lulus diatas KKM di siklus kedua. Hal ini adalah data yang diambil dengan menggunakan strategi pembelajaran scramble dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dengan penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa guru harus dapat menganalisa mengenai keadaan kelas, dan dapat memilih strategi yang tepat dalam sebuah pembelajaran. Sehingga nantinya akan menjadi faktor meningkatkannya keaktifan dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Scramble, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Fiqh.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi : Windi Zesilva Menita Putri NIM : 422021113158 |
Uncontrolled Keywords: | الكلمات الرئيسية : استراتيجية التعليم Scramble ، نشاط التعلم، نتيجة التعلم، الفقه |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2021 Windi Zesilva |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 08:05 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 08:05 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5459 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |