Thesis
Published
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DOMINO CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TARIKH ISLAM KELAS VIIA PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH ULIL ALBAB 2 PAKAH NGAWI TAHUN AJARAN 2024/2025
Abstract
Materi Tarikh Islam adalah salah satu pelajaran yang diajarkan di Pondok Pesantren
Muhammadiyah Ulil Albab 2 Pakah Ngawi. Pelajaran ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk
mengenal, memahami, dan menghayati sejarah Islam. Namun, metode pengajaran yang digunakan
oleh guru saat ini masih terbatas pada ceramah, yang cenderung membuat pembelajaran terasa
monoton. Berdasarkan hasil observasi, nilai rata-rata awal tahun untuk kelas VIIA pada tahun ajaran
2023/2024 adalah 67,5 dari KKM 75 dengan rincian 6 orang diatas rata-rata KKM dan 9 orang
belum mencapai rata-rata KKM. Dari data tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar
dalam mata pelajaran Tarikh Islam mengalami penurunan, sehingga perlu adanya upaya untuk
meningkatkannya. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk menerapkan media pembelajaran
berupa Domino Card guna meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa karena media
pembelajaran Domino Card mempunyai kelebihan sebagai berikut: (a) permainan yang
menyenangkan, (b) memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran
Domino Card dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIIA pelajaran Tarikh
Islam Pondok Pesantren Muhammadiyah Ulil Albab 2 Pakah Ngawi tahun pelajaran 2024/2025.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan
menggunakan siklus dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan pada
setiap siklusnya sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun
subjek penelitian adalah 12 siswa dari kelas VIIA Pondok Pesantren Muhammadiyah Ulil Albab 2
Pakah Ngawi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : wawancara, observasi, tes dan
dokumentasi. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap siklusnya dan data
kesemangatan siswa diperoleh melalui observasi dan dianalisis untuk membandingkan pada setiap
siklus.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar dan keaktifan siswa
kelas Pondok Pesantren Muhammadiyah Ulil Albab 2 Pakah Ngawi dengan menggunakan media
pembelajaran Domino Card hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar dan keaktifan
siswa berdasarkan hasil tes dan observasi pada setiap siklusnya. Penggunaan media pembelajaran
Domino Card meningkatkan keaktifan siswa dalam materi Tarikh Islam pada siklus 1 diperoleh
persentase 68,3% dan pada siklus ke 2 85,4%. Selanjutnya adanya peningkatan hasil belajar siswa
terlihat dari peningkatan rata-rata setiap siklus nya.Untuk hasil belajar pada siklus 1 diperoleh
dengan rata-rata nilai 85,83 atau persentase kelulusan 68% dan pada siklus ke 2 meningkat dengan
rata-rata nilai 90,83 atau persentase kelulusan 92%.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka peneliti memberikan beberapa saran untuk
peserta didik agar melakukan pengulangan pembelajaran, memperbanyak latihan soal dan
mendengarkan guru saat menjelaskan pelajaran. Untuk guru agar memanfaatkan media
pembelajaran Domino Card dalam pembelajaran Tarikh Islam. Serta untuk melengkapi kekurangan
dalam mengajar agar dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Selain itu, peneliti harus menggunakan media yang tepat sesuai dengan kondisi
dan kemampuan belajar siswa karena penerapan media yang tepat sangat mempengaruhi hasil
belajar siswa dan kemampuan mereka dalam menyerap materi.
Kata kunci: Hasil Belajar, Keaktifan Belajar, Media Pembelajaran Domino Card, Pelajaran
Tarikh Islam
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Agama Islam
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 2X1 - Al-Qur'an dan Ilmu yang Berkaitan > 2X1 - Al-Qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.200 Dakwah (Da'wah) Islam
23rd Dewey Decimal Classification > 2X9 - Sejarah dan Biografi Tokoh Islam > 2X9.100 Sejarah Islam pada Zaman Nabi Muhammad SAW
23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.200 Dakwah (Da'wah) Islam
23rd Dewey Decimal Classification > 2X9 - Sejarah dan Biografi Tokoh Islam > 2X9.100 Sejarah Islam pada Zaman Nabi Muhammad SAW
KeywordsHasil Belajar, Keaktifan Belajar, Media Pembelajaran Domino Card, Pelajaran Tarikh Islam
Item ID6238
Deposited03 Mar 2025 01:30