Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تطبيق نموذج التعليم "Cooperative Script" بمساعدة الوسيلة التعليميّة "Timeline Poster" لترقية نتائج التعلّم في مادة التاريخ الإسلامي الفصل الثاني A بمعهد الإيمان للبنين العام الدراسي 2024/2025 م

Fadillah, Aria Muhammad (2025) تطبيق نموذج التعليم "Cooperative Script" بمساعدة الوسيلة التعليميّة "Timeline Poster" لترقية نتائج التعلّم في مادة التاريخ الإسلامي الفصل الثاني A بمعهد الإيمان للبنين العام الدراسي 2024/2025 م. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (COVER)
1. Cover.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (444kB)
[img] FILE TEXT (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (481kB)
[img] FILE TEXT (BAB 1)
4. Bab 1.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (581kB)
[img] FILE TEXT (BAB 2)
5. Bab 2.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (691kB)
[img] FILE TEXT (BAB 3)
6. Bab 3.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (625kB)
[img] FILE TEXT (BAB 4)
7. Bab 4.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (807kB)
[img] FILE TEXT (BAB 5)
8. bab 5.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (471kB)
[img] FILE TEXT (DAFTAR PUSTAKA)
9. daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (476kB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dengan bantuan Media Pembelajaran Timeline Poster Pada Materi Tarikh Islam Kelas 2 A di Pondok Pesantren Al Iman Tahun Ajaran 2024-2025 M Aria Muhsmmad Fadillah 412020112032 Dalam proses pembelajaran di kelas, guru dan siswa merupakan dua komponen yang tidak bisa dipisahkan antara keduannya. Seorang guru memiliki peran sebagai pemberi ilmu dan seorang murid sebagai penerima ilmu. Dengan adanya interaksi antara guru dan murid diharapkan dapat mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini di latar belakangi oleh kurangnya nilai siswa kelas 2 A di Pondok Al-Iman Putra Ponorogo pada mata pelajaran Tarikh Islam. Hasilnya siswa yang belum mencapai ketuntasan nilai yaitu 7 siswa dari 7 siswa atau setara dengan 100%. Khususnya pada aspek hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya inovasi guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan tidak memanfaatkan media pembelajaran, sehingga menyebabkan murid menjadi cepat bosan dan jenuh sehingga pembelajaran kurang maksimal. Masalah tersebut dapat diatasi dengan salah satu model belajar yaitu model pembelajaran cooperative script dengan bantuan media pembelajaran timeline poster. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan bantuan media pembelajaran timeline poster pada mata pelajaran tarikh islam kelas 2 A di Pondok Al-Iman Putra Ponorogo; 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan bantuan media pembelajaran timeline poster pada mata pelajaran tarikh islam kelas 2 A di Pondok Al-Iman Putra Ponorogo. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. PTK atau disebut juga Classroom Action Research dengan jenis PTK kolaboratif dan dengan model PTK Kemmis & Mc. Taggart. Dalam penelitian ini peneliti sebagai pengajar dan dibantu oleh seorang yang menjadi observer. Penelitian ini terdiri dari siklus pertama dan kedua yang terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data berupa: observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Implementasi model pembelajaran cooperative script dengan bantuan media pembelajaran timeline poster meningkatkan keaktifan siswa. Keaktifan siswa pada siklus pertama mencapai 44% dan mengalami peningkatan pada siklus kedua yaitu mencapai 88%. 2) Implementasi model pembelajaran cooperative script dengan bantuan media pembelajaran timeline poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama siswa yang tuntas dalam belajar yaitu sebanyak 1 siswa dari 7 siswa atau mencapai 14% dengan rata-rata nilai 4 dan pada siklus kedua sebanyak 7 orang atau mencapai 100% dengan rata-rata nilai 7,14 peningkatan yang terjadi antara siklus pertama dan kedua adalah sebesar 86%. Berdasarkan pembahasan diatas peneliti memberikan saran: 1) Bagi guru agar memiliki inovasi dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran menjadi maksimal, 2) Bagi murid agar selalu semangat dalam mengikuti segala proses pembelajaran sehingga nilai belajar dapat memuaskan, 3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menerapkan media ajar bargambar dapat mengembangkan dengan variasi yang berbeda. 4) Bagi Pondok agar terbuka serta mendukung segala bentuk inovasi dari peneliti, juga lebih menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif sehingga siswa selalu semangat dalam belajar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script, Media Pembelajaran Timeline, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Materi Tarikh Islam

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Additional Information: Skripsi : Aria Muhammad Fadillah NIM : 412020112032
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Script, Media Pembelajaran Timeline, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Materi Tarikh Islam
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 20 Aria Muhammad Fadillah
Date Deposited: 09 Mar 2025 07:29
Last Modified: 09 Mar 2025 07:29
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6876

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item