Thesis
Published
PENGARUH METODE MODELING DENGAN TEMAN PADA PEMBELAJARAN KHOT KELAS 1 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 MANTINGAN NGAWI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1438-1439H/2017-2018M
Abstract
Sebuah tulisan biasanya menggambarkan karakter dari setiap individu, selain itu
tulisan juga merupakan suatu seni. Dimana dari sebuah tulisan itulah setiap orang akan
mendapatkan banyak pengetahuan dan berbagai hal lainnya. Begitu halnya dengan khot
yang merupakan asas seseorang untuk mempelajari bahasa Arab, dimana khot menjadi
salah satu bentuk dari kecakapan bahasa Arab yang kita ketahui. Dalam mempelajarinya
kita membutuhkan suatu metode yang pantas untuk menghidupkan suasana dan proses
belajar mengajar pada suatu bidang pendidikan. Metode modeling merupakan salah
satu metode modern yang biasanya digunakan oleh seorang pendidik dengan bantuan
peserta didiknya yang dianggap mampu untuk membantu peserta didik lainnya dalam
meningkatkan prestasi mereka.
Tujuan yang diharapka oleh peneliti dari penelitian ini tidak lain adalah untuk
(1)Mengetahui kemampuan menulis Arab pada pembelajaran khot untuk kelas 1 Pondok
Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun ajaran 1438-
1439H. (2)Mengetahui penerapan metode modeling dengan teman pada pembelajaran khot
untuk kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur
tahun ajaran 1438-1439H. (3)Mengetahui pengaruh teman pada pembelajaran khot dengan
menerapkan metode modeling untuk kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1
Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun ajaran 1438-1439H.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan bentuk eksperimen
only post-test, dimana peneliti membagi sampel yang ada menjadi 2 yaitu, kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun populasi yang diambil adalah santriwati
kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun
ajaran1438-1439H yang berjumlah orang, dengan 168 orang yang diambil menjadi sample
peneliti yang ditentukan dengan cara stratified random sampling pada tingkat kesalahan
10%. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan test soal tertulis
dan dokumentasi, sedangkan metode pengelolahan data yang digunakan adalah dengan
menggunakan rumus statistik ” t” Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa,(1)Kemampuan menulis Arab santriwati
kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun
ajaran 1438-1439H pada pelajaran khot mereka membaik dan meningkat. (2)Penerapan
metode modeling dengan teman membantu mereka dalam meningkatkan prestasi belajar
mereka khususnya pada pelajaran khot.(3)Teman memiliki pengaruh yang cukup baik pada
pembelajaran khot dengan menggunakan metode modeling khususnya untuk santriwati
kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun
ajaran 1438-1439H. Semua terbukti dengan melihat table product moment dengan df =200
pada taraf 5% = 1,97 dimana nilai 8,794 lebih besar nilai yang tertera pada tabel.
Berdasarkan penelitian ini, peneliti berharap kepada semua pengampu mata
pelajaran khot untuk menerapkan metode modeling dengan teman untuk meningkatkan
prestasi dan kemampuan santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan
Ngawi Jawa Timur.
Publication Details